Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Honda Luncurkan Motor Sport CBR600RR Baru, Ini Fitur Utamanya

Honda Motor Co., Ltd. segera memulai penjualan sepeda motor sport All New CBR600RR, Jumat (25/9/2020) di seluruh Jepang. Sepeda motor ini dibanderol harga off the road 1.460.000 yen atau sekira Rp203,35 juta.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 21 Agustus 2020  |  14:00 WIB
Honda CBR600RR Matte Black Metallic. Honda Motor
Honda CBR600RR Matte Black Metallic. Honda Motor

Bisnis.com, JAKARTA - Honda Motor Co., Ltd. segera memulai penjualan sepeda motor sport all new CBR600RR, Jumat (25/9/2020) di seluruh Jepang. Sepeda motor ini dibanderol harga off the road 1.460.000 yen atau sekira Rp203,35 juta.

Honda CBR600RR adalah model produksi turunan dari sepeda motor sport, yang memungkinkan pengendara menikmati model kendaraan balap dalam kehidupan sehari-hari mereka.

CBR600RR dilengkapi dengan mesin 599cc empat silinder segaris empat langkah DOHC berkinerja tinggi, berpendingin cairan, dan dilengkapi fitur kontrol elektronik dan teknologi aerodinamis terbaru untuk mewujudkan peningkatan kinerja secara keseluruhan.

Berikut ini adalah fitur utama Honda CBR600RR.

? Unit daya dengan karakteristik output daya tinggi namun dapat dikontrol.

Untuk memastikan performa tinggi dalam balap sepeda produksi, kinerja mesin yang menghasilkan output daya maksimum ditingkatkan menjadi 14.000 rpm, dengan mengganti bahan yang digunakan untuk komponen utama, seperti camshafts, pegas katup, dan poros engkol.

Seiring dengan peningkatan kinerja kecepatan mesin ini, efisiensi intake dan exhaust ditingkatkan melalui berbagai pengukuran: diameter lubang throttle diperbesar dan lubang masuk dibentuk ulang untuk sistem intake; ukuran dan ketebalan berbagai bagian pipa knalpot dioptimalkan untuk sistem pembuangan; dan perubahan dilakukan pada timing katup.

Perubahan tersebut menghasilkan pencapaian keluaran daya maksimum sebesar 89 kW.

Efisiensi di ruang bakar pendingin dan area di sekitar dudukan katup buang ditingkatkan melalui pembentukan kembali selubung air untuk kepala silinder.

? Adopsi teknologi kontrol elektronik yang mendukung pengendaraan yang menyenangkan.

CBR600RR baru dilengkapi dengan sistem estimasi sikap kendaraan berbasis IMU (Inertial Measurement Unit). Dengan menggabungkan data sikap kendaraan dengan ABS dan Honda Selectable Torque Control (HSTC), all-new CBR600RR memberikan "kenikmatan bermanuver" sesuai dengan kondisi berkendara.

ABS dirancang hanya untuk memberikan dukungan bagi operasi pengereman pengendara. Oleh karena itu, seperti sepeda motor tanpa ABS, diperlukan pengurangan kecepatan kendaraan yang memadai sebelum berbelok, dan pengendalian berkendara tidak boleh ceroboh atau sembrono. Saat ABS digerakkan, pengoperasian sistem diketahui melalui pulsa 'kickback' yang terasa di tuas rem.

Honda Selectable Torque Control (HSTC) bukan sistem untuk mencegah terjadinya slip. Ini dirancang hanya untuk memberikan dukungan untuk operasi akselerator pengendara. Oleh karena itu, seperti halnya sepeda motor yang tidak dilengkapi HSTC, pengendali berkendara tidak boleh sembarangan atau sembrono.

CBR600RR baru dilengkapi dengan sistem throttle-by-wire (TBW) di mana sensor posisi akselerator (APS) mendeteksi sudut bukaan pegangan throttle pengendara dan mengirimkan sinyal ke ECU. ECU kemudian mengirimkan sinyal penggerak ke motor TBW untuk mengontrol katup throttle.

CBR600RR baru juga dilengkapi mode berkendara yang menggabungkan tingkat kontrol yang berbeda dari Power Selector, HSTC, Wheelie Mitigation Control dan Selectable Engine Brake. Pengendara dapat memilih nuansa berkendara yang sesuai dengan kondisi berkendara dan preferensi mereka.

? Gaya yang mewujudkan kinerja aerodinamis dan keindahan fungsional

Gaya untuk CBR600RR baru menggabungkan teknologi aerodinamis yang diumpankan kembali dari aktivitas balap di mana kinerja aerodinamis dikejar secara menyeluruh. Gaya seperti itu berkontribusi pada peningkatan kinerja tahan angin dan realisasi penanganan gesit dengan mengoptimalkan area depan dan samping yang diproyeksikan dan mencapai koefisien hambatan terendah di kelasnya.

Selain itu, downforce yang dihasilkan oleh winglet yang posisi, bentuk, dan sudut pemasangannya dioptimalkan berkontribusi pada peningkatan stabilitas kendaraan saat memasuki tikungan atau berbelok saat berakselerasi.

? Warna yang menggambarkan motor balap

CBR600RR baru akan hadir dalam Grand Prix Red, skema tiga warna yang mewakili teknologi balap Honda.

? Perlengkapan ramah pengendara dan aksesori asli

Untuk menunjang kinerjanya, CBR600RR baru dilengkapi dengan sejumlah peralatan mumpuni.

Pencahayaan LED penuh, menghasilkan pencahayaan yang ringan, berukuran ringkas, dan hemat energi. Pencahayaan LED tidak termasuk lampu pelat nomor.

Layar kristal cair transistor film tipis (TFT) berwarna penuh untuk meteran untuk memberikan informasi kendaraan yang melimpah kepada pengendara dan status berbagai sistem kontrol elektronik yang mudah dipahami

Sistem Sinyal Berhenti Darurat, yang merespons pengereman mendadak dan segera memberi tahu kendaraan yang mengikuti dengan mem-flash lampu bahaya dengan cepat

Kopling assist & slipper, dengan fungsi bantu yang membuat tuas kopling lebih ringan untuk ditarik dan fungsi slipper yang mengurangi loncatan roda belakang yang disebabkan oleh pengereman engine yang mendadak saat menurunkan gigi.

Quick Shifter, yang memungkinkan peningkatan dan penurunan gigi lebih cepat, tersedia dan dijual terpisah sebagai aksesori asli untuk CBR600RR baru. Harga ritel untuk Quick Shifter adalah 26.950 yen, termasuk pajak konsumsi 10% dan 24.500 yen, tidak termasuk pajak konsumsi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

honda cbr Sepeda Motor Sport
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top