Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mitsubishi Xpander Memangkas Jarak Ratusan Tahun Cahaya

Xpander laiknya cairan kimia yang merontokkan karat di tubuh Mitsubishi Motors terkait persaingan di segmen mobil multiguna. Kehadirannya terbukti mampu memangkas jarak persaingan dengan Toyota Avanza, sang pemimpin segmen tersebut.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 16 Agustus 2020  |  22:30 WIB
Mitsubishi Xpander. Secara spesifikasi, Xpander jauh di atas Avanza. Mulai dari drive train, sistem keamanan, hingga interior, serta fungsionalitas fitur.   - MMKSI
Mitsubishi Xpander. Secara spesifikasi, Xpander jauh di atas Avanza. Mulai dari drive train, sistem keamanan, hingga interior, serta fungsionalitas fitur. - MMKSI

Bisnis.com, JAKARTA – Xpander laiknya cairan kimia yang merontokkan karat di tubuh Mitsubishi Motors terkait persaingan di segmen mobil multiguna. Kehadirannya terbukti mampu memangkas jarak persaingan dengan Toyota Avanza, sang pemimpin segmen tersebut.

Xpander memulai debutnya dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2016. Saat itu, mobil ini hadir sebagai prototipe bernama Mitsubishi XM Concept. Xpander baru meluncur ke pasar Indonesia setahun kemudian dalam ajang yang sama.

Sebagai mobil keluarga, Xpander digadang-gadang menjadi pesaing berat Toyota Avanza, yang tak hanya merajai segmen LMPV, tetapi juga mengukir rekor lebih dari 10 tahun bertahan sebagai model terlaris.

Di sisi lain, Xpander juga diharapkan tidak mengulang kegagalan Mitsubishi Kuda, MPV Mitsubishi yang pada akhir 1990-an diprediksi menjadi penantang kedigdayaan Toyota Kijang.

“Walaupun banyak yang bilang ini merupakan kompetisi yang sangat berat, tetapi saya rasa tidak seperti itu,” ujar President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura, pada Desember 2018.

Nakamura meyakini Xpander dapat menyaingi Avanza di segmen mobil keluarga, meski berjarak ratusan tahun cahaya. Sebab saat itu, Xpander masih terbilang pemain baru di segmen tersebut, sementara Avanza jauh lebih dikenal publik dengan julukan mobil sejuta umat.

Namun, fakta berbicara lain. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi berhasil mendaratkan 75.075 unit Xpander ke konsumen sepanjang 2018. Jumlah ini menempel ketat raihan Avanza yang terjual sebanyak 82.167 unit.

Memasuki 2019, persaingan keduanya semakin tak terelakkan. Salip-menyalip dalam hal kinerja penjualan terjadi pada tahun tersebut. Xpander bahkan sempat beberapa kali mengungguli Avanza di kelas LMPV dalam beberapa periode.

Nakamura menuturkan bahwa secara spesifikasi, Xpander jauh di atas Avanza. Mulai dari drive train, sistem keamanan, hingga interior, serta fungsionalitas fitur. “Itu merupakan diferensiasi pasar antara Avanza dengan Xpander.”

Kenyamanan berkendara dan kemewahan menjadi hal yang utama bagi keluarga Indonesia. Mitsubishi Xpander hadir dengan kabin luas dipadu dengan pilihan material dan desain interior layaknya MPV kelas atas.

KEUNGGULAN FITUR

Kemampuan Xpander dalam memangkas jarak persaingan dengan Avanza tidak terlepas dari fitur-fitur yang dimilikinya. Mobil ini mengutamakan keselamatan pengguna, terutama saat membawa keluarga berpergian.

Beberapa fitur keselamatan Xpander, antara lain airbag ganda, kamera parkir belakang, serta sistem rem anti terkunci atau anti-lock braking system (ABS). Ada pula hill start assist, pedestrian protection, dan active stability control.

Nakamura menjelaskan bahwa Xpander memiliki kabin luas dan senyap. Fitur penyimpanan, seperti panel side pocket, glove box, dan panel lower tray turut tersedia dalam mobil bermesin 4 silinder 1,5 liter berteknologi MIVEC tersebut.

Menurutnya, di tengah fase normal baru, para keluarga memendam gairah untuk memulai petualangan lantaran ruang gerak mereka sebelumnya terbatas akibat pandemi.

“Xpander yang hadir dengan berbagai keunggulan akan menjadi pilihan paling tepat untuk menemani keluarga mempersiapkan adventure senyaman di rumah,” ucapnya.

Dengan segala kapabilitasnya, Xpander tak hanya menjadi cairan kimia yang merontokkan karat bagi Mitsubishi, tetapi juga bagi para keluarga, yang selama hampir empat bulan terkekang dalam keterbatasan aktivitas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mitsubishi Xpander Mobil Keluarga MPV
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top