Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bentley Blower Continuation, Mobil Pra-Perang Dunia I Dihidupkan Lagi

Bentley menghidupkan kembali kendaraan jaman Pra-Perang Dunia I : Blower Continuation Series. Pada tahap pertama, sebanyak 12 mobil reingkarnasi akan diproduksi untuk para pemesannya.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 08 Agustus 2020  |  13:10 WIB
Bentley Car Zero.  - Bentley
Bentley Car Zero. - Bentley

Bisnis.com, JAKARTA - Bentley menghidupkan kembali kendaraan jaman Pra-Perang Dunia I : Blower Continuation Series. Pada tahap pertama, sebanyak 12 mobil reingkarnasi akan diproduksi untuk para pemesannya.

Saat ini, Car Zero sebutan untuk prototipe Blower Continuation Series, telah masuk tahap perakitan di bengkel Bentley Mulliner. Car Zero adalah perwujudan dari Bentley 4½ liter supercharged yang direkayasa, dan dibuat dengan sesuai desain unik Mobil Tim 1929 milik Bentley yang dikembangkan dan dipacu oleh Sir Henry 'Tim' Birkin.

Bagian pertama yang dihadirkan dalam bengkel adalah sasis, tulang punggung yang hampir semuanya akan dilekatkan. Selanjutnya adalah tangki bahan bakar, dan radiator, lalu sepasang lampu depan.

Kemudian penyatuan aspek mekanis, seperti mesin (lengkap dengan supercharger Amherst Villiers yang dibuat ulang), perakitan poros depan, dan pegas daun.

Saat 12 pelanggan beruntung memilih warna dan spesifikasi trim untuk mobil mereka, tim teknik bekerja keras merakit prototipe. Peluncuran dijadwalkan akhir tahun ini.

Perakitan prototipe diawali dengan pembongkaran bagian demi bagian dari Mobil Tim#2 milik Bentley yang paling berharga di dunia. Setelah pemindaian laser pada rangka dan komponennya, suku cadang baru dipesan.

“Setelah hampir 1 tahun pekerjaan teknik yang sangat mendetail, sangat menyenangkan melihat bagian pertama bersatu untuk membentuk Bentley Blower pertama dalam lebih dari 90 tahun," kata Tim Hannig dari Bentley Mulliner, dalam keterangan pers yang dikutip Minggu (8/8/2020).

Menurutnya, keahlian para insinyur dan teknisi dalam menyelesaikan ratusan spesifikasi suku cadang itu setara dengan para perajin di seluruh negeri yang membuat komponen buatan tangan yang tengah dirakit itu.

Sejak awal, Bentley Mulliner melibatkan para spesialis terbaik di seluruh negeri untuk membuat komponen Blower Continuation Series.

Dengan teknologi CAD terbaru menyelesaikan desain yang tepat untuk melengkapi cetak biru teknik asli dari tahun 1920-an, pekerjaan dimulai di banyak bisnis perajin kecil untuk menghidupkan Blower baru.

Sasis dibuat dari baja, dibentuk dengan tangan dan dipaku panas oleh spesialis di Israel Newton & Sons Ltd. Perusahaan berusia 200 tahun ini secara tradisional membuat boiler untuk lokomotif uap dan mesin traksi, dan dengan demikian memiliki keterampilan untuk menempa dan membentuk logam dengan cara tradisional.

The Vintage Car Radiator Company, yang berbasis di Bicester Heritage, telah membuat ulang persis beberapa komponen utama Blower, seperti cangkang radiator berlapis nikel dan tangki bahan bakar dari baja dan tembaga.

Sebagai pemimpin pasar dalam pembuatan dan pemulihan radiator dan komponen mobil antik dengan standar pengerjaan dan keaslian tinggi, The Vintage Car Radiator Company adalah pilihan sempurna untuk membuat komponen penting dan rumit ini.

Bagian-bagian ini akan membentuk mesin baru 4½ liter Blower pertama, yang awalnya dirancang oleh WO Bentley sendiri dan sekarang dibuat ulang oleh Bentley Mulliner dengan dukungan ahli dari para ahli termasuk NDR Ltd.

Mesin 4½ liter yang terkenal akan menjadi baru, dan menampilkan banyak inovasi mesin mobil sport tahun 1970-an, seperti piston aluminium, camshaft overhead, empat katup per silinder dan pengapian percikan ganda.

Pakar Mulliner kemudian akan menyetel mesin pada testbed yang disiapkan secara khusus di pabrik Bentley di Crewe, di mana mesin dan supercharger bersama-sama harus menghasilkan sekitar 240 bhp.

Pegas daun dan belenggu telah dibuat sesuai spesifikasi asli oleh Jones Springs Ltd, spesialis dengan pengalaman hampir 75 tahun dan sejarah yang dimulai dalam bengkel pandai besi.

Lampu depan ikon Blower telah dilahirkan kembali oleh Vintage Headlamp Restoration International Ltd di Sheffield. Mereka terkenal karena kerajinan perak dan kemampuan membuat lampu depan berdesain vintage dari spesifikasi aslinya.

Sementara itu, di Toko Trim Mulliner di Crewe, kerangka abu baru yang dibuat oleh Lomax Coachbuilders sedang melalui tahap akhir pertukangan oleh tim ahli Mulliner, sebelum pemangkasan tangan dimulai oleh ahli perajin Mulliner.

Selama beberapa pekan mendatang, semakin banyak komponen untuk Car Zero akan diselesaikan dan uji-fit. Mesin dan supercharger baru akan menjalani prosesnya di tempat uji pengembangan mesin milik Bentley di Crewe, sementara cat khusus periode akan diterapkan pada sasis sebelum perakitan akhir dimulai.

Car Zero yang sudah jadi akan tampil pertama kali di depan umum pada musim gugur, tetapi hanya setelah diperlihatkan kepada 12 pembelinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bentley Mobil Legendaris
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top