Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bentley Ungkap Riset Terobosan Powertrains Listrik e-Axle

Bentley Motors mengumumkan riset 3 tahun untuk mengubah powertrains kendaraan listrik, memanfaatkan e-axle magnet bumi yang terintegrasi penuh, bebas dari rare-earth guna mendukung arsitektur kendaraan listrik.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 08 Agustus 2020  |  12:30 WIB
Bentley Octopus e-Axle. Bentley akan menghadirkan mobil sepenuhnya elektrik pada 2026.  - Bentley
Bentley Octopus e-Axle. Bentley akan menghadirkan mobil sepenuhnya elektrik pada 2026. - Bentley

Bisnis.com, JAKARTA - Bentley Motors mengumumkan riset 3 tahun untuk mengubah powertrains kendaraan listrik, memanfaatkan e-axle magnet bumi yang terintegrasi penuh, bebas dari rare-earth guna mendukung arsitektur kendaraan listrik.

Rare-earth adalah logam tanah jarang yang disebut-sebut sebagai mineral masa depan yang diincar banyak negara, dan harganya lebih tinggi harganya ketimbang lithium.

Proyek bertema Octopus (Optimised Components, Test and simulatiOn, toolkits for Powertrains which integrate Ultra high-speed motor Solutions) ini merupakan tahapan Bentley menggapai ambisi memimpin mobilitas mewah dan memperkenalkan Bentley elektrik pertama pada 2026.

“Kami tidak merahasiakan ambisi kami untuk memimpin mobilitas mewah berkelanjutan, Beyond100. Kami memiliki peta jalan untuk menawarkan opsi hibrida untuk setiap model pada 2023, dimulai dengan Bentayga Hybrid, dan tujuan kami selanjutnya adalah menuju Bentley sepenuhnya elektrik pada 2026," kata Stefan Fischer, Direktur Teknik Powertrain Bentley Motors, seperti dikutip dalam keterangan pers, Sabtu (8/8/2020).

Namun saat ini, menurutnya, saat ini masih ada tantangan dan kendala paket pada kelayakan dan fleksibilitas powertrains kendaraan listrik yang mampu mendukung penuh arsitektur EV. Dengan industri, teknologi, dan mobil yang berubah lebih cepat dari sebelumnya, proyek penelitian seperti Octopus sangat penting untuk menghadirkan teknologi inovatif dan mengatasi tantangan untuk solusi mobilitas generasi berikutnya.

Untuk itu, Bentley menggagas studi Octopus, penyelidikan awal 18 bulan yang menghasilkan terobosan teknologi dalam sistem penggerak listrik untuk kendaraan berperforma tinggi.

Berdasarkan penelitian elektronik terkemuka di Inggris, sistem penggerak listrik yang dihasilkan melebihi kinerja motor magnet permanen terbaru sekaligus menghilangkan kebutuhan magnet tanah jarang dan belitan tembaga, sehingga menghasilkan paket yang hemat biaya dan dapat didaur ulang di akhir masa pakainya.

Octopus akan menggunakan motor terdepan, elektronika daya, dan desain transmisi pengemasan, menambahkan material generasi berikutnya, proses manufaktur, simulasi, dan siklus pengujian untuk menghadirkan powertrain e-axle lengkap dengan tingkat integrasi yang unik dan karakteristik kinerja revolusioner yang cocok untuk aplikasi dunia nyata pada 2026.

Octopus adalah proyek yang didanai OLEV yang dilaksanakan dalam kemitraan dengan Innovate UK yang menyatukan mitra berikut dengan peran dan tanggung jawab yang berbeda:

> Bentley Motors - Pengaturan spesifikasi, rencana integrasi kendaraan dan pengujian sistem

> Advanced Electric Machines Ltd - Pembuatan motor dan perakitan sistem

> Advanced Electric Machines Research Ltd - Desain motor dan transmisi

> The Thinking Pod Innovations Ltd & Nottingham University - Optimalisasi elektronika daya dan desain sistem celah pita lebar alternatif

> Institute for Advanced Automotive Propulsion Systems (IAAPS) di University of Bath - Analisis sistem terintegrasi dan pengujian validasi bukti konsep

> HiETA Technologies Ltd - Desain dan pembuatan komponen AM untuk manajemen termal termasuk rumah inti stator, elektronika daya, dan pendingin oli gandar-E

> FD Sims Ltd - Pengembangan teknologi kawat generasi berikutnya

> Talga Technologies Ltd - Pengembangan material 2D untuk teknologi lilitan generasi berikutnya

> Diamond Light Source - Sumber cahaya synchrotron nasional Inggris menyediakan akses ke fasilitas sinar-X untuk pengukuran

> Hartree Center (Dewan Fasilitas Sains dan Teknologi) - Pengujian sistem lanjutan dan pengembangan toolkit co-simulasi

Francesca Iudicello, Manajer Program untuk Kendaraan Rendah & nol emisi di Innovate UK, menambahkan bahwa Program IDP memainkan peran penting dalam upaya Inggris untuk menjaring nol karbon dengan memberikan dukungan untuk pengembangan terobosan teknologi tanpa emisi.

"Proyek Apex dan Octopus adalah contoh luar biasa tentang bagaimana kemitraan antara UKM Inggris dan OEM global dapat berlanjut melalui tahap pengembangan penggerak motor yang berbeda, yang menempatkan inovasi Inggris di garis depan pasar PEMD berkinerja tinggi di seluruh dunia. ”

CEO Advanced Electric Machines Group James Widmer berkata, “Setelah bekerja sama dengan Bentley untuk berhasil memberikan bukti konsep, kami berharap proyek baru ini dapat mendorong kinerja, pengemasan, dan keberlanjutan penggerak kendaraan listrik ke tingkat baru, menghilangkan kebutuhan logam rare-earth dan tembaga, serta mencapai tingkat integrasi sistem tertinggi.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Bentley
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top