Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jalani Pemeriksaan Akhir, Bugatti Divo Segera Dikirim ke Pelanggan

Bugatti memastikan kualitas sempurna untuk Divo terbaru dengan serangkaian pengecekan akhir, model hypercar pertama tersebut dikirim kepada pembelinya.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  11:30 WIB
Steve Jenny bertanggung jawab untuk mengeluarkan persetujuan dinamis mobil sport hyper sejak 2005. Ia menguji hampir semua model Bugatti dengan memperhatikan bahkan detail terkecil. - Bugatti
Steve Jenny bertanggung jawab untuk mengeluarkan persetujuan dinamis mobil sport hyper sejak 2005. Ia menguji hampir semua model Bugatti dengan memperhatikan bahkan detail terkecil. - Bugatti

Bisnis.com, JAKARTA - Bugatti memastikan kualitas sempurna untuk Divo terbaru dengan serangkaian pengecekan akhir, model hypercar pertama tersebut dikirim kepada pembelinya.

Pengujian akhir dilakukan setelah Bugatti Divo pertama keluar dari fasilitas perakitan Atelier di Alsace, Prancis, Senin (20/7/2020).

Bugatti akan mengirimkan hanya 40 Divo ke pelanggannya dalam beberapa bulan mendatang dengan harga unit bersih 5 juta euro atau sekira Rp73,21 miliar.

Christophe Piochon, Anggota Dewan untuk Produksi dan Logistik di Bugatti dan Molsheim Site Manager, mengatakan bahwa setiap kendaraan diuji dan diperiksa secara intensif sebelum pengiriman sehingga terjamin kualitas absolut.

"Kami ingin mendapatkan kesempurnaan sedekat mungkin. Pelanggan kami mengharapkan itu dari kami,” katanya dalam keterangan resmi Bugatti, Senin (20/7/2020).

Menurutnya, kualitas dan proses pengerjaan adalah dua pilar penting dalam sejarah Bugatti selama lebih dari 110 tahun. Pendiri perusahaan Ettore Bugatti berpendapat bahwa produk teknis sempurna hanya jika itu juga sempurna dari sudut pandang estetika.

Empat karyawan terlatih dari Atelier dan dua dari departemen jaminan kualitas menguji setiap Divo buatan tangan.

Sebelum Divo menjamah jalan untuk pertama kalinya setelah perakitan, dua karyawan menutupi tubuh dengan delapan meter persegi film pelindung khusus. Roda asli diganti dengan satu set roda uji.

Teknisi memeriksa semua fungsi elektronik kendaraan dan menyesuaikan sasis termasuk ujung roda.

Steve Jenny, yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan persetujuan dinamis untuk mobil sport hyper sejak 2005, memperhatikan bahkan detail terkecil.

Ahli penjaminan kualitas ini bahkan bekerja keras memeriksa 95 persen dari semua mobil Bugatti yang telah dibangun dengan tangan di Molsheim hingga saat ini, dan telah mengendarai lebih dari 340.000 kilometer di Veyron, Chiron dan sekarang Divo.

“Saya menemukan pekerjaan impian absolut saya lebih dari 15 tahun yang lalu. Tapi itu juga pekerjaan dengan banyak tanggung jawab,” jelas Steve Jenny. Daftar periksa kualitas untuk Divo berisi lebih dari 100 poin yang harus dia beri tanda centang.

Steve Jenny pertama kali memeriksa apakah kendaraan tersebut sesuai dengan homologasi untuk wilayah pengirimannya. Dia juga melakukan pemeriksaan terhadap konfigurasi yang dipilih pelanggan. Apakah semua keinginan dan pilihan pelanggan telah terwujud dengan benar?

Pada langkah ketiga, pemeriksa kualitas menguji semua fungsi yang dioperasikan secara elektrik seperti tampilan kontrol, power window, navigasi, sistem suara, dan sistem pendingin udara.

Hanya setelah pemeriksaan ini selesai, Steve Jenny menyalakan mesin W16 dan mengemudi perlahan keluar dari Atelier. Test drive membutuhkan waktu hingga lima jam dan menempuh sekitar 300 kilometer rute melalui Alsace. Mobil ini melalui jalur pegunungan Vosges dan mencakup peregangan di jalan umum dan jalan raya.

Selama tes persetujuan dinamis, Steve Jenny memeriksa respons Divo terhadap perintah kemudi dan mengemudi selama beberapa jam. “Jalan berbelok dan berbukit di pegunungan Vosges sangat ideal untuk uji coba ini. Di sini saya bisa mengecek kemudi, perilaku menikung, titik bergilir dan start bukit,” jelas Steve Jenny.

Uji akselerasi dan kecepatan tinggi setiap Divo drive di landasan tertutup di bandara Colmar. Di sini, Divo menjalani berbagai tes fungsional yang membutuhkan kecepatan lebih dari 250 km / jam.

Steve Jenny terus bekerja melalui daftar periksa: Luncurkan Kontrol, mengemudi di mode mengemudi yang berbeda, fungsi rem, perubahan jalur cepat di 170 km / jam, perilaku pengereman serta pengereman penuh dari 160 km / jam ke 0, pemeriksaan ESP dan apakah kekuatan penuh 1.500 PS juga tersedia di 340 km / jam, misalnya.

"Selama pengujian di lapangan terbang tertutup, saya dapat membuat Divo tidak terganggu dan aman dan dapat memeriksa semua fungsi sekali lagi bahkan pada kecepatan tinggi," katanya.

Setelah para teknisi menghabiskan satu hari dengan cermat menghilangkan perlindungan tubuh, seniman cat sejati menghasilkan penyelesaian selama 2 hari penuh. Empat karyawan selanjutnya yang mengenakan sarung tangan katun putih halus memeriksa permukaan untuk finishing selama lebih dari enam jam audit.

Hanya ketika Divo berdiri dengan sempurna di bawah sinar cahaya terang dari terowongan Atelier, Christophe Piochon kemudian menghabiskan waktu sekitar satu jam untuk memeriksa setiap model yang siap dikirim.

“Kami menginvestasikan sejumlah besar waktu dan upaya, tetapi ini memungkinkan kami untuk memastikan bahwa hanya kendaraan yang mendekati kesempurnaan meninggalkan Atelier,” jelas Christophe Piochon.

Dengan mobil sport Divo, Bugatti menghidupkan kembali tradisi panjang pelapis dengan menciptakan karya seni otomotif. Mobil ini ini memiliki karakter eksklusifnya, menawarkan kelincahan yang ditingkatkan dan tidak boleh dilewatkan dari koleksi mobil sport hiper apapun dari penggemar Bugatti.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bugatti Hypercar
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top