Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hyundai, RISD Gali Inspirasi Alam untuk Mobilitas Masa Depan

Hyundai Motor Group dan Rhode Island School of Design (RISD) mengumumkan kolaborasi penelitian untuk menguji hubungan antara lingkungan alam dan bangunan dalam rangka mengusulkan arah baru untuk masa depan mobilitas.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 24 Juni 2020  |  16:10 WIB
Mahasiswa RISD, dosen, dan peneliti Hyundai akan meneliti empat bidang studi : penelitian grafis, industri, suara, dan tekstil seputar mobilitas masa depan . - HYUNDAI
Mahasiswa RISD, dosen, dan peneliti Hyundai akan meneliti empat bidang studi : penelitian grafis, industri, suara, dan tekstil seputar mobilitas masa depan . - HYUNDAI

Bisnis.com, JAKARTA - Hyundai Motor Group dan Rhode Island School of Design (RISD) mengumumkan kolaborasi penelitian untuk menguji hubungan antara lingkungan alam dan bangunan dalam rangka mengusulkan arah baru untuk masa depan mobilitas.

Studi ini memperluas visi mobilitas pintar yang diumumkan oleh Hyundai Motor Group di CES 2020. Visi Hyundai, yang bertujuan untuk membantu menghidupkan kota-kota masa depan yang berpusat pada manusia, berfokus pada tiga solusi mobilitas: Mobilitas Udara Urban (UAM), Kendaraan yang Dibangun dengan Tujuan (PBV), dan Hub.

Penelitian bersama dengan RISD akan membantu menanamkan solusi ini dengan wawasan dari fakultas dan mahasiswa perintis RISD. Melalui program RISD's Research & Strategic Partnerships, kemitraan dengan Hyundai meningkatkan keahlian fakultas dengan kreativitas eksperimental siswa untuk memahami realitas masa depan kita.

Untuk penelitian, Hyundai membentuk satuan tugas, termasuk empat desainer dari Grup Inovasi Desain. Pada gilirannya, RISD mengembangkan platform penelitian kolaboratif untuk Hyundai. Empat anggota fakultas di sekolah desain akan memanfaatkan keahlian untuk menjelajahi bidang studi yang didukung oleh 16 siswa.

Hyundai dan RISD menjaga jumlah peserta tetap kecil, memungkinkan kolaborasi yang erat, menghasilkan studi berbeda tentang masa depan mobilitas. Berdasarkan visi ini, penelitian ini meneliti empat bidang khas mobilitas masa depan, termasuk desain grafis, desain industri, desain suara, dan desain tekstil.

Desain Grafis - Mobilitas Posthuman: Dari Molekul ke Mesin
Pimpinan fakultas: Anastasiia Raina, Desain Grafis

Menanggapi pandemi yang berkembang, kelompok ini mengeksplorasi masa depan mobilitas di dunia sentris mikroba dengan membahas hubungan antara manusia dan mikroba dan kebutuhan kita untuk merespons dan beradaptasi dengan gesit terhadap dunia baru di sekitar kita. Tim peneliti mengembangkan model untuk kolaborasi dengan alam sebagai alternatif untuk model yang terinspirasi oleh alam. Mereka fokus pada kolaborasi antarspesies, sifat cyborg, dan sifat yang dirancang, seperti hub mobilitas masa depan dan metode identifikasi manusia yang memanfaatkan augmented reality, realitas virtual, dan teknologi pembelajaran mesin.

Desain Industri - Dari Anthropocene ke Aerocene hingga Biocene
Pimpinan fakultas: Paolo Cardini, Desain Industri

Menanggapi meningkatnya kebutuhan akan opsi berkelanjutan, kelompok riset ini mengeksplorasi lintasan alternatif untuk masa depan mobilitas yang dipandu oleh provokasi artistik, ilmiah, dan filosofis. Secara khusus, kelompok ini menggunakan narasi spekulatif negatif untuk mengeksplorasi topik kota dan lingkungan masa depan di era UAM. Skenario seperti intrusi privasi dan serangan burung dipertimbangkan.

Desain Suara untuk Mobilitas
Pimpinan fakultas: Shawn Greenlee, Studi Eksperimental & Yayasan

Menggambar dari bidang bioacoustics dan ekologicapecape, dan eksperimen di Studio Audio Spasial RISD, kelompok ini bekerja untuk mengembangkan tampilan pendengaran baru dan pengalaman sonik dengan platform komputasi yang dapat disematkan dan teknik audio prosedural di bawah tema umum "Membuat Suara yang Belum Terdengar" dalam menanggapi lingkungan COVID-19 saat ini. Sebagai contoh, kelompok tersebut mempelajari “kebisingan” alternatif untuk kendaraan listrik tanpa suara.

Desain Tekstil untuk Mobilitas
Pimpinan fakultas: Anna Gitelson-Kahn, Tekstil

Kelompok penelitian ini berasal dari bidang bionik dan biomimikri dalam mengembangkan solusi tekstil inovatif melalui pendekatan spekulatif dan solusi yang dikumpulkan dari studi kasus kecoa. Struktur kecoa memberikan wawasan tentang keamanan mobilitas masa depan. Hyundai berencana untuk lebih lanjut memasukkan metode biomimikri ke dalam studinya.

Kerja sama ini dimulai dengan lokakarya di Laboratorium Alam Edna W. Lawrence RISD pada Februari 2020, dengan mahasiswa dan staf pengajar datang dengan pemahaman bersama bahwa tantangan mobilitas dunia menghadirkan peluang unik.

Siswa dipilih melalui kelompok 108 pelamar yang kompetitif di 10 departemen di RISD: Arsitektur, Digital + Media, Film / Animasi / Video, Desain Grafis, Desain Industri, Perhiasan + Pengerjaan Logam, Seni Liberal, Lukisan, Seni Grafis dan Tekstil.

Studi kolaboratif bergerak maju meskipun pandemi Covid-19, berkat komitmen Hyundai mengeksplorasi masa depan dan sumber daya teknologi RISD yang memungkinkan siswa dan anggota fakultas berkolaborasi dalam ruang virtual.

Hyundai dan RISD akan melanjutkan kemitraan dengan program penelitian musim panas enam pekan yang berfokus pada struktur ringan dan kebersihan, yang terinspirasi oleh alam.

“Kerja sama Hyundai Motor Group dengan RISD memberikan wawasan mendalam yang akan membantu kami memajukan inovasi dalam teknologi dan desain, membuka jalan bagi solusi mobilitas generasi mendatang,” kata Youngcho Chi, Presiden dan Chief Innovation Officer Hyundai Motor Group, dalam keterangan pers, Rabu (24/6/2020).

SangYup Lee, Wakil Presiden Senior dan Kepala Pusat Desain Global Hyundai, mengatakan era pasca-Covid-19 mengharuskan untuk memikirkan cara-cara baru agar ekosistem mobilitas berkembang.

"Studi mendalam dengan RISD tentang bagaimana alam mengatasi perubahan, kami berharap untuk mendapatkan inspirasi segar yang dapat mengarah pada pengembangan proses berkelanjutan, teknologi generasi mendatang dan desain inovatif untuk masa depan mobilitas."

Presiden RISD Rosanne Somerson mengatakan visi kelembagaannya adalah memberikan kontribusi pada pengetahuan baru melalui kurikulum inovatif dan meningkatkan kapasitas penelitian secara keseluruhan untuk mendukung penyelidikan dan pertukaran antardisiplin ilmu.

Hyundai Motor Group telah secara aktif mempelajari alam melalui berbagai proyek, termasuk Proyek Observasi Alam Hyundai baru-baru ini oleh Design Innovation Group.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Desain Mobil Hyundai Motor
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top