Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Didi Chuxing Targetkan 1 Juta Robotaxis pada 2030

Didi Chuxing yang saat ini sedang naik daun di China, menargetkan untuk pengoperasian lebih dari 1 juta mobil self-driving melalui platformnya pada 2030.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 24 Juni 2020  |  13:10 WIB
Logo Didi Chuxing tampak di kantor pusatnya di Beijing, China, 18 Mei 2018.  - Reuters
Logo Didi Chuxing tampak di kantor pusatnya di Beijing, China, 18 Mei 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Didi Chuxing yang saat ini sedang naik daun di China, menargetkan untuk pengoperasian lebih dari 1 juta mobil self-driving melalui platformnya pada 2030.

"Saat ini, Didi sedang mengembangkan teknologi mengemudi otonom dan berencana untuk menyebarkan apa yang disebut robotaxis di daerah-daerah di mana ada kekurangan pasokan mobil," kata Meng Xing, Chief Operating Officer-Unit mengemudi otonom Didi Chuxing, seperti dikutip Antara dari Reuters, Rabu (24/6/2020).

Didi Chuxing pada bulan lalu telah menyelesaikan putaran penggalangan dana lebih dari 500 juta dolar AS untuk unit mengemudi otonom yang dipimpin oleh SoftBank Group's Vision Fund 2.

Tahun lalu, Didi mengatakan akan mulai menggunakan kendaraan otonom untuk menjemput penumpang di Beijing, Shanghai dan Shenzhen pada tahun ini sebelum memperluas skema di luar China pada 2021.

Pembuat mobil dan perusahaan teknologi di China, berinvestasi miliaran dolar pada industri penggerak otonom untuk bersaing dengan perusahaan seperti Tesla Inc, Alphabet Inc Waymo dan Uber Technologies.

Sementara beberapa orang dalam industri mengatakan, akan membutuhkan waktu bagi publik untuk mempercayai kendaraan otonom sepenuhnya. Meng mengatakan bahwa Didi, yang mengembangkan mobil otonom dengan BAIC Group China, mengharapkan kendaraan otonom akan diproduksi massal pada tahun 2025.

WeRide, perusahaan baru yang berbasis di kota Guangzhou, mengoperasikan armada lebih dari 40 robotaxis plus 60 mobil uji lebih lanjut. Perusahaan yang barus berusia tiga tahun ini didukung oleh Nissan, Renault, dan Mitsubishi.

Baidu Inc mulai menawarkan layanan robotaxi di kota Changsha di wilayah selatan China tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

DiDi Chuxing Mobil Otonom baidu
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top