Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terdampak Covid-19, Toyota Indonesia Prediksi Ekspor Anjlok pada April dan Mei

Kinerja ekpor mobil pada April diprediksi menurun dan semakin lemah pada Mei 2020 karena turunnya permintaan dari negara pengimpor yang dipicu pandemi virus corona penyebab Covid-19.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 16 April 2020  |  04:30 WIB
Presiden Joko Widodo, dan Presiden Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Cahyono pada acara peluncurkan ekspor mobil Toyota di Jakarta. - TMMIN
Presiden Joko Widodo, dan Presiden Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Cahyono pada acara peluncurkan ekspor mobil Toyota di Jakarta. - TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA - Toyota Indonesia memprediksikan ekspor mobil pada April akan menurun dan semakin melemah pada Mei 2020 karena turunnya permintaan dari negara pengimpor lantaran pandemi virus corona Covid-19.

Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengatakan bahwa ekspor Toyota pada bulan ini diperkirakan bakal menurun meski belum secara drastis.

"April mungkin akan menurun tetapi belum drastis karena pasar belum menyesuaikan. Namun, pada Mei mungkin akan drop," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (15/4/2020).

Dia mengatakan prediksi tersebut akan terjadi lantaran beberapa negara tujuan ekspor telah mengambil kebijakan lockdown. Toyota Indonesia diketahui telah mengkespor ke lebih dari 80 negara di Kawasan Asia, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika, dan Oseania.

Bob mengatakan sebelumnya target ekspor TMMIN pada tahun ini sekitar 200.000 unit atau setidaknya tidak terlampau jauh dari realisasi ekspor pada 2019, yang mencatatkan 208.500 unit.

Di sisi lain, Bob menyatakan bahwa TMMIN belum melakukan revisi target ekspor pada 2020. "Belum [revisi], kami akan adjust terus sesuai dengan perkembangan," tuturnya.

TMMIN juga belum dapat menyimpulkan secara pasti perkiraan penurunan permintaan dari negara tujuan ekspor Toyota pada periode April hingga Mei 2020.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor Honda Brio mencapai 6.847 unit pada 2019 dengan negara tujuan Vietnam dan Filipina. Adapun, target ekspor Honda pada tahun ini mencapai 6.800 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota motor manufacturing indonesia Ekspor Mobil covid-19
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top