Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pameran Otomotif Terancam Virus Corona, APM Ikut Arahan Pemerintah

Sejumlah pameran otomotif bakal diselenggarakan pada tahun ini di Indonesia. Ajang yang paling dekat adalah Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) pada 5 - 8 Maret 2020, kemudian Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 pada 9 - 19 April 2020.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 02 Maret 2020  |  17:12 WIB
Pengunjung di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 - Istimewa
Pengunjung di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Agen Pemegang Merek (APM) yang menjadi peserta dalam gelaran otomotif di Indonesia menyatakan siap mengikuti arahan pemerintah terkait kerberlanjutan agenda pameran tersebut di tengah merebaknya ancaman penyebaran virus corona (Covid - 19).

Apalagi, pemerintah baru saja mengumumkan bahwa dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus corona pada Senin (2/3/2020). Di sisi lain,  sejumlah pameran otomotif di dunia batal diselenggarakan lantaran eskalasi penyebaran wabah tersebut.

"Kami mengikuti arahan baik itu dari pemerintah maupun penyelenggara apakah pameran ini mungkin dilangsungkan, ditunda, atau bagaimana. Itu posisi kami," kata Direktur 4 Wheel PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra kepada Bisnis, Senin (2/3/2020).

Sejumlah pameran otomotif bakal diselenggarakan pada tahun ini di Indonesia. Ajang yang paling dekat waktu penyelenggaraannya adalah Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) pada 5 - 8 Maret 2020, kemudian ada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 yang diselenggarakan pada 9 - 19 April 2020.

Bukan tidak mungkin kedua pameran otomotif itu bakal bernasib sama dengan Geneva International Motor Show (GIMS) 2020. Pameran otomotif itu resmi dibatalkan tiga hari jelang perhelatannya lantaran kasus infeksi virus corona di Swiss.

Donny sendiri mengaku manut dengan arahan pemerintah dan penyelenggara terkait dengan jalannya pameran tersebut. Menurut dia yang terpenting adalah keamanan dari pengunjung dan seluruh peserta pameran.

"Tapi kita harus melihat tidak hanya dari segi penjualan tapi dari segi humanity sama safety-nya seperti apa dan kami sebagai ATPM menunggu arahan," kata Donny.

Hal yang sama diungkapkan oleh Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandy. Dia memastikan pihaknya mengikuti arahan pemerintah.

"Tentu kami akan mengikuti arahan dari pemerintah," katanya.

Sebelumnya, Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS, mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu imbauan dari pemerintah terkait dengan penyelenggaraan IIMS 2020, yang berlangsung pada 9-19 April di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif Virus Corona
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top