Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Otomotif Lesu, Cuaca Ekstrem dan Banjir Disalahkan

Penjualan secara kendaraan roda empat secara wholesales pada Januari 2020 hanya sejumlah 79.983 unit.
Honda Mobilio. /HPM
Honda Mobilio. /HPM

Bisnis.com, JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) mengakui pasar otomotif tengah lesu pada Januari 2020. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan secara kendaraan roda empat secara wholesales pada Januari 2020 hanya sejumlah 79.983 unit.

Angka itu menurun sebesar 2,6 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencatatkan penjualan secara wholesales sebanyak 82.155 unit.

Direktur Inovasi Bisnis, Penjualan dan Pemasaran HPM Yusak Billy mengatakan kondisi cuaca ekstrem menjadi penyebab utama lesunya pasar otomotif pada Januari 2020. Pasalnya, bencana tersebut terjadi di sejumlah kota besar seperti wilayah Jabodetabek dan Surabaya.

“Bulan Januari lalu memang kondisi pasar turun dibanding tahun lalu. Faktor salah satunya cuaca extrem hujan dan banjir yang melanda Jabodetabek dan Surabaya area,” tutur Yusak kepada Bisnis.com, Senin (17/2/2020).

Meski pasar tengah turun, HPM mencatatkan penjualan sejumlah 12.603 unit mobil sepanjang Januari 2020. Angka itu meningkat 3 persen dibanding Januari tahun 2019 yang tercatat sejumlah 12.190 unit.

Adapun, model Honda Brio Satya masih menyumbangkan kontribusi tertinggi terhadap kinerja penjualan pada 2020 dengan dengan total 4.348 unit terjual. Jumlah tersebut meningkat 20 persen dibandingkan Januari tahun lalu.

Terpisah, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi menilai penurunan penjualan pada Januari 2020 tidak terlalu besar.

“Bagi saya sih penurunannya tidak besar. Masih relatif sama,” kata Anton kepada Bisnis.com, Senin (17/2/2020).

Anton mengatakan penurunan penjualan kendaran roda empat pada awal tahun ini tak lain disebabkan oleh bencana banjir yang melanda sejumlah daerah di Jabodetabek. Diketahui pada awal Januari 2020 banjir merendam sejumlah wilayah, hingga membuat aktivitas masyarakat terganggu.

“Memang ada impact banjir, khususnya Jabodetabek. Selain itu, belum ada hal signigikan lain,” kata Anton.

Sebelumnya, penjualan kendaraan roda empat pada awal tahun ini menurun. Pasar mobil diperkirakan masih akan mengalami stagnasi sepanjang kuartal I/2020.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengaku bahwa setiap tahun pertumbuhan pemasaran pada Januari umumnya melambat. Namun, jelas dia, penjualan mobil pada Januari 2020 mengalami penurunan bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper