Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Targetkan Ekspor Mobil Capai 69.000 Unit

Suzuki Indomobil Sales (SIS) sepanjang 2019 telah mengapalkan 66.433 unit mobil ke 52 negara tujuan.
All New Ertiga Suzuki Sport. /SUZUKI
All New Ertiga Suzuki Sport. /SUZUKI

Bisnis.com, BOGOR - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menargetkan ekspor mobil sebanyak 69.000 unit pada 2020.

Donny Saputra, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa sepanjang 2019 Suzuki telah mengapalkan 66.433 unit mobil ke 52 negara tujuan, antara lain negara-negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Oseania, dan Karibia.

"Ekspor ini terdiri dari 26.820 unit completely knock-down (CKD) serta 39.613 unit completely built-up (CBU)," ujar Donny saat ditemui di Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020).

Dia menambahkan, kinerja ekspor itu ditopang oleh empat produk, yakni APV, All New Ertiga, Karimun Wagon R, dan New Carry. Kontribusi terbesar dipimpin oleh Ertiga dengan 27.318 unit CBU atau 41,1 persen dari total ekspor Suzuki, diikuti Karimun Wagon R yang berkontribusi 21.936 unit CKD atau 33 persen.

Sementara itu, APV berkontribusi sebanyak 5.080 unit sedangkan New Carry yang baru rilis pada April tahun lalu mencatatkan ekspor dengan estimasi 7.213 unit.

Donny mengatakan bahwa peningkatan volume ekspor merupakan strategi perseroan dalam mengurangi impor, sekaligus meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri.

"Fokus penjualan kami alihkan ke produk yang diproduksi di Indonesia serta untuk menggenjot volume ekspor," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa dengan berfokus pada produk lokal, Suzuki dapat terhindar dari risiko fluktuasi nilai tukar. Hal ini dilakukan seiring dengan tingginya tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) produk lokal Suzuki yang rerata berada di atas 85 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper