Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bengkel Resmi Kebanjiran Order Servis Kendaraan Bekas Banjir

Daihatsu menyatakan hingga pekan lalu total mobil terdampak banjir yang ditangani bengkel resmi mereka di DKI Jakarta mencapai 465 unit.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 14 Januari 2020  |  13:37 WIB
ilustrasi - Astra
ilustrasi - Astra

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah bengkel resmi di Jakarta dan sekitarnya kebanjiran order servis kendaraan bekas terendam banjir.

Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk.—Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan bahwa hingga pekan lalu total mobil terdampak banjir yang ditangani bengkel resmi Daihatsu di DKI Jakarta mencapai 465 unit.

Dia menjelaskan, dari unit mobil yang ditangani sejauh ini, paling banyak mengalami kerusakan yang membutuhkan pekerjaan medium. Jumlah kendaraan dengan kerusakan kategori ini mencapai 42% dari total kendaraan yang masuk bengkel hingga pekan lalu.

Sementara itu, 37% di antaranya mengalami kerusakan yang membutuhkan pekerjaan ringan. Mobil dalam kondisi ini biasanya sempat terendam sampai setinggi roda kendaraan. Adapun, mobil yang membutuhkan pekerjaan berat karena terendam seluruhnya mencapai 21%.

“Kami perkirakan ke depan masih akan ada lagi yang masuk ke bengkel. Sampai tanggal 3—4 Januari itu baru sekitar 300 unit yang masuk, tapi tanggal 8 Januari sudah sampai hampir 500, berarti ada masuk terus,” ujarnya kepada Bisnis belum lama ini.

Hendrayadi mengatakan jika tidak ada banjir, biasanya tidak terlalu banyak kendaraan yang melakukan servis atau perbaikan di periode awal tahun. Konsumen biasanya melakukan hal itu pada akhir tahun, untuk memaksimalkan performa kendaraan menjelang liburan.

“Biasanya Desember yang ramai, Januari biasanya malah turun. Jadi saya, memperkirakan, Januari ini tetap dibandingkan Desember, karena ada unit yang masuk karena banjir, tapi saya tidak punya data persisnya,” katanya.

Saat ini Daihatsu memiliki 251 jaringan dealer di Indonesia, dan 164 di antaranya atau sekitar 64% memiliki layanan bengkel resmi. Adapun, di Jabodetabek Daihatsu memiliki 65 dealer dengan 45 di antaranya memiliki layanan bengkel resemi.

Pada tahun ini, dia mengatakan bahwa Daihatsu akan menambah enam jaringan dealer di seluruh Indonesia, baik di kawasan urban maupun sub urban. Sebanyak lima dealer akan dilengkapi dengan bengkel resmi.

Sementara itu, jaringan bengkel resmi PT Honda Prospect Motor (HPM) telah menerima sekitar 1.700 unit mobil yang terdampak banjir. Kondisi ini membuat waktu operasional sejumlah bengkel ditambah hingga akhir pekan.

Direktur Inovasi Bisnis, Pemasaran dan Penjualan HPM Yusak Billy mengatakan, seluruh unit kendaraan yang terdampak banjir itu masuk ke 49 bengkel resmi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Saat kondisi banjir seperti ini jam kerja masih normal, dari jam 8 sampe 5 sore. Namun, Sabtu dan Minggu kami buka. Di hari biasa, dengan melihat kebutuhan ini, kebanyakan bengkel juga banyak yang melakukan over time,” katanya kepada Bisnis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Banjir Jakarta astra daihatsu motor
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top