Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAPORAN DARI TOKYO MOTOR SHOW : Wah, Toyota BEV Ultra Compact Bisa Dibeli 2020

Akihiro Yanaka, Toyota ZEV Factory Toyota Motor Corporation, mengatakan khusus Ultra Compact EV meliputi enam model mencakup Ultra-compact BEV, ultra-compact BEV Concept Model for Business, Toyota I-Road, dan tiga model Walking Area BEVs.

Bisnis.com, TOKYO – Toyota Motor Corporation mengusung lima kendaraan listrik baterai konsep pada ajang pameran Tokyo Motors Show (TMS) 2019 di Aomi Exhibition, Tokyo, 24 Oktober – 4 November 2019.

Kelimanya adalah Toyota LQ, Ultra Compact EV, Mirai Concept, e Palette, dan Lexus LF30 Electrified.

Akihiro Yanaka, Toyota ZEV Factory Toyota Motor Corporation (TMC), mengatakan khusus Ultra Compact EV meliputi enam model mencakup Ultra-compact BEV, ultra-compact BEV Concept Model for Business, Toyota I-Road, dan tiga model Walking Area BEVs yakni tipe berdiri, tipe duduk, dan tipe kursi roda.

"Ada dua poin utama yang ingin saya sampaikan tentang enam BEV ultra-kompak ini," ujarnya pada acara presentasi produk TMS 2019, Selasa (23/10/2019).

Pertama, Toyota menjadwalkan peluncurkan Ultra-compact BEV dan Standing Type BEV sekitar musim dingin 2020. Adapun dua jenis BEV area Walking lainnya dijadwalkan akan dirilis nanti, mulai 2021.

Kedua, BEV ini akan ditampilkan di Tokyo Motor Show. “Saya percaya itu mencakup dasar-dasar yang terkait dengan rilis kami untuk musim dingin 2020, dan pameran Tokyo Motor Show.”

Pada sesi press day TMS 2019, BEV Ultra Kompak dan BEV Ultra Kompak Model Bisnis memang tampak di Future Expo, sebuah pameran khusus di MegaWeb. Adapun, BEV Area Jalan Kaki dan i-ROAD tampak tersedia untuk uji coba di sepanjang rute jalan terbuka yang melintasi Jembatan Yume-no-Ohashi.

Akihiro Yanaka mengatakan, BEV Ultra Kompak berkapasitas 2 orang ini sangat cocok dimanfaatkan untuk pemakaian terbatas, seperti ke mal, keliling area perkantoran, atau dipakai pengemudi pemula dan para lansia.

"Kami ingin menciptakan solusi mobilitas yang dapat mendukung masyarakat lanjut usia Jepang dan memberikan kebebasan bergerak kepada orang-orang di semua tahap kehidupan," katanya.

Desain yang ekstra kompak dengan panjang hanya 2.490 mm, lebar 1.290 mm, tinggi 1.550 mm, dan radius putar 3,9 m, begitu memudahkan manuver di seputar wilayah perkotaan Jepang yang memiliki akses serba terbatas.

Sekali isi penuh baterai, Ultra Compact BEV sanggup melaju sejauh sekitar 100 km dengan top speed mencapai 60 km/jam. Untuk pengisian baterai hingga penuh butuh waktu 5 jam (200 Volt).

Bicara safety, mobil dilengkapi fitur pencegah tabrakan yakni Intelligent Clearance Sonar dan Pre-Collision System yang disertai auto brake untuk keperluan darurat saat mobil sudah tidak bisa lagi menghindar.

Menariknya, ada BEV Ultra Kompak untuk Bisnis didesain sebagai mobile office para eksekutif muda. Mengandalkan dimensi yang sama, mobil listrik ini bisa dipakai untuk mengunjungi klien, bekerja, dan beristirahat agar tidak mudah lelah guna menjaga produktivitas penggunanya.

Desain kabin minimalis bisa disesuaikan untuk tiga kebutuhan, yaitu berkendara, bekerja, dan istirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper