Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Daihatsu Mempertahankan Posisi Kedua

Daihatsu memastikan akan terus menggandeng komunitas pemilik mobil untuk memperkuat merek, termasuk menghadirkan kegiatan menarik. Hal ini karena komunitas berperan besar dalam kemajuan Daihatsu.
Daihatsu Gathering. Selama 10 tahun, Daihatsu secara berturut-turut setiap tahunnya berhasil meraih posisi kedua penjualan otomotif nasional di bawah Toyota. /ADM
Daihatsu Gathering. Selama 10 tahun, Daihatsu secara berturut-turut setiap tahunnya berhasil meraih posisi kedua penjualan otomotif nasional di bawah Toyota. /ADM

Bisnis.com, JAKARTA - Daihatsu memastikan akan terus menggandeng komunitas pemilik mobil untuk memperkuat merek, termasuk menghadirkan kegiatan menarik. Hal ini karena komunitas berperan besar dalam kemajuan Daihatsu.

Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan bahwa setiap kegiatan, strategi word of mouth yang diterapkan komunitas sangat efektif. Makanya setiap peluncuran produk baru, pihaknya selalu mengundang komunitas.

“Peran komunitas sangat besar. Ini bagian strategi pemasaran word of mouth seperti dalam mengenalkan produk baru dan memberi testimoni tentang kepuasan mereka terkait layanan purnajual,” ujarnya dalam keterangan pers, Sabtu (3/8).

Salah satu strategi membangun komunitas dilakukan dengan menggelar acara Sedulur Daihatsu 2019 di pelataran Candi Prambanan, Klaten, Sabtu (3/8). Kegiatan akbar ini diikuti 12.000-an anggota komunitas mobil Daihatsu, dari 23 klub di berbagai daerah. Hadir pada kesempatan itu Chief Executive PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Supranoto, Corporate Planning & Communication Division Head ADM Rudy Ardiman.

Daihatsu memang telah lama fokus pada komunitas melalui kegiatan semacam family gathering di Prambanan. Pada 2014, saat pertama kali kegiatan itu digelar di Jakarta, Daihatsu fokus pada Xenia. Lalu pada 2015 dan 2016 yang digelar di Jakarta dan Surabaya terfokus pada pemilik Ayla. Pada 2017 di Bandung menyasar pemilik Gran Max, dan pada 2018 mulai menyasar ke seluruh komunitas lewat acara Balad Daihatsu Bandung.

Rudy Ardiman menambahkan, strategi melibatkan komunitas adalah strategi jangka panjang. “Pengaruhnya besar. Ini terkait bagaimana awareness dibangun. Para anggota komunitas ini merupakan ambassador. Mereka memperkenalkan brand Daihatsu di keluarganya, sampai dikenal ke anak-anak mereka,” tutur Rudy.

Sedulur Daihatsu 2019 di Prambanan juga sebagai upaya menangkap animo dan masukan dari para komunitas apa yang perlu diperbaiki dalam produk dan strategi pemasaran Daihatsu. Sedulur Daihatsu 2019 merupakan upaya mendekatkan brand Daihatsu ke khalayak Indonesia.

“Baik untuk yang sudah menggunakan Daihatsu ataupun yang belum. Sebelum 2010, Daihatsu mencanangkan program win market share, ternyata sukses. Buktinya, selama 10 tahun, Daihatsu secara berturut-turut setiap tahunnya berhasil meraih posisi kedua penjualan otomotif nasional di bawah Toyota,” ujar Hendrayadi.

Supranoto optimistis Daihatsu bisa mempertahankan posisi kedua, meskipun kinerja pada semester pertama masih lesu. Optimisme itu timbul dengan melihat kondisi perekonomian yang diyakini mulai menggeliat pascatuntasnya masa perpolitikan di Pemilu 2019.
“Market otomotif nasional di semester pertama turun 11%, sementara Daihatsu turun hanya 7%. Di tengah persaingan sangat berat, pangsa pasar kami malah naik,” tutur Supranoto.

Menurut dia, semester pertama berat karena masyarakat masih menahan pembelian karena melihat kondisi perpolitikan. “Kini reda. Semester kedua ini kami tetap berusaha semaksimal mungkin. Sampai hari ini kondisi Daihatsu sudah baik, tidak over stock, kami bisa me-manage kebutuhan,” ujarnya.

Tahun lalu, Daihatsu menutup 2018 di peringkat kedua dengan penjualan total sebanyak 200.178 unit. Jumlah itu meningkat drastis dari tahun sebelumnya yang sebesar 185.240. Dari angka itu, Daihatsu meraih pangsa pasar 17,4 %, atau sama seperti tahun sebelumnya.

Pencapaian di 2018 itu merupakan prestasi tersendiri bagi Daihatsu. Sebab, genap 10 tahun berturut-turut Daihatsu berhasil meraih posisi sebagai runner up penjualan otomotif. Dengan gairah Sedulur Daihatsu, tidak tertutup kemungkinan Daihatsu akan melanjutkan suksesnya.

Dalam bahasa Jawa, sedulur artinya persaudaraan, bisa juga kekeluargaan. “Ini cocok dengan slogan kami Daihatsu Sahabatku. Sedulur memiliki makna saling bantu, saling support, dan saling mengingatkan antarsahabat dan keluarga,” ujar Supranoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper