Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Tips Jaga Peforma Mobil Daihatsu Pasca Mudik

Cara merawat mobil Daihatsu setelah diajak mudik atau libur lebaran.
Great New Daihatsu Xenia. /Daihatsu
Great New Daihatsu Xenia. /Daihatsu

Bisnis.com, JAKARTA - Momen libur panjang lebaran telah selesai. Masyarakat Indonesia yang melakukan mudik ataupun menikmati libur panjang bersama keluarga, siap kembali untuk melanjutkan rutinitas dan kesibukan masing-masing dengan beragam sarana transportasi yang dipilih, salah satunya dengan kendaraan pribadi.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan tips kepada konsumen.  Harapannya, mobil yang digunakan selama mudik, bisa kembali berkinerja optimal.  Berikut tipsnya:

1. Oli
Pastikan  memeriksa komponen cairan penting ini. Kendaraan yang digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka tingginya suhu mesin dapat membuat kekentalan oli dan volume-nya berkurang. Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak.

2. Kaki-Kaki
Kondisi serta medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan. Pastikan Sahabat memeriksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan jangan lupa keausan ban beserta tekanan angin.

3. Rem
Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pada sektor pengereman juga bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik. Pemilik mobil dapat mengganti komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran yang seharusnya sesuai rekomendasi dari pabrik.

4. Filter Bahan Bakar
Selama perjalanan mudik, kadang  terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan karena ketersediaan bahan bakar di area tersebut. Pastikan  juga mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

5. Interior dan Filter AC
Pastikan Interior kendaraan  bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC.

“Pelanggan dapat menjaga kendaraan Daihatsu agar tetap dalam kondisi prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang. Konsumen dapat mempercayakan kendaraan  ke bengkel resmi Daihatsu terdekat agar pengecekan kendaraan lebih maksimal karena ditangani oleh mekanik handal Daihatsu.”, ujar Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper