Posisi Berkendara Nyaman, Mudik Lebaran Pun Aman

Mempersiapkan kendaraan sebelum memulai perjalanan mudik memang penting dilakukan. Namun, cara berkendara selama perjalanan juga penting diperhatikan agar kondisi mobil tetap prima karena jarak tempuh mudik biasanya sangat panjang.
Aprianus Doni Tolok | 29 Mei 2019 14:20 WIB
Ilustrasi - delphi.com

Bisnis.com, JAKARTA - Mempersiapkan kendaraan sebelum memulai perjalanan mudik memang penting dilakukan. Namun, cara berkendara selama perjalanan juga penting diperhatikan agar kondisi mobil tetap prima karena jarak tempuh mudik biasanya sangat panjang.

Pegiat keselamatan mengemudi dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sonny Susmana mengatakan bahwa cara berkendara yang baik dan benar, selain memberikan rasa nyaman dan aman, juga berpengaruh pada kondisi kendaraan.

"Cara berkendara pengemudi harus tepat agar perjalanan mudik lancar, nyaman, dan aman sampai kampung halaman,"ujarnya kepada Bisnis, Rabu (29/5/2019).

Berikut adalah tips dalam mengoperasikan kendaraan secara baik dan benar:

1. Akselerasi dan deselerasi harus smooth atau lembut.

2. Posisikan gear secara tepat yakni dengan memaksimalkan torsi kendaraan. Perpindahan gear yang tepat adalah pada torsi 2000 - 2500 rpm.

3. Atur kaca spion sesuai dengan titik buta atau blindspot di sekitar kendaraan.

4. Atur posisi duduk dengan sempurna, yakni posisi tangan harus rileks ketika menggenggam grip steer dan tidak lebih tinggi dari posisi jantung.

5. Jarak steer dan dada pengemudi kurang lebih 30-40 centimeter.

6. Posisi badan tegak menempel sandaran jok mobil.

7. Posisi kaki kanan mampu standby dan berpindah di pedal rem dan gas.

Menurutnya, bila posisi pengemudi sudah berubah dari posisi awal yang paling nyaman dan tepat, artinya pengemudi sudah capai dan perlu beristirahat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran, TIPS BERKENDARA

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top