Pasar Pikap Turun, Penjualan Isuzu Elf dan Traga Meningkat

Kinerja penjualan pikap selama 4 bulan pertama masih landai. Penjualan diharapkan kembali menggeliat setelah Pilpres dan lebaran. Pada awal tahun ini, pemain pikap Isuzu masih mampu mencatatkan penjualan positif.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 22 Mei 2019  |  23:10 WIB
Pasar Pikap Turun, Penjualan Isuzu Elf dan Traga Meningkat
Model Berpose dengan kendaraan Isuzu Traga saat dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Grand City Convex, Surabaya, Jumat (29/3/2019). - Bisnis/Wahyu Darmawan

Bisnis.com, JAKARTA--Kinerja penjualan pikap selama 4 bulan pertama masih landai. Penjualan diharapkan kembali menggeliat setelah Pilpres dan lebaran. Pada awal tahun ini, beberapa pemain pikap masih mampu mencatatkan penjualan positif.

Isuzu dan DFSK menjadi dua merek yang memasarkan pikap dan mencatatkan pertumbuhan positif pada 4 bulan pertama. Kedua merek ini mengandalkan produk baru, yakni Isuzu Traga dan DFSK Supercab.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan total pengiriman pikap ke diler (wholesales) selama periode Januari-April sebanyak 41.870 unit, turun 14,56% dibandingkan periode yang sama 2018. Penurunan penjualan pikap ini sejalan dengan tren otomotif nasional yang masih melambat pada awal tahun.

General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril mengatakan, penjualan Isuzu pada 4 bulan pertama masih tumbuh terutama dipengaruhi oleh penjualan positif truk ringan Isuzu Elf dan pikap Traga.

"Kendaraan komersialnya fluktuasi tinggi, begitu ekonomi membaik itu akan naik. Untuk saat ini, kembali tergantung pada bisnisnya, kalau kebanyakan orang wait and see belum [naik]," ujarnya di sela-sela Ngabuburit Bareng Kemenhub dan Isuzu, Selasa (21/5/2019).

Attias menjelaskan, penjualan Traga sebagai salah satu model baru Isuzu saat ini sangat baik karena perkembangan bisnis belanja daring (e-commerce). Pikap Traga banyak digunakan untuk mengangkut barang dan bisa masuk ke jalan yang sempit.

Selain itu, Traga juga dipasarkan kepada pemerintah yang dipakai untuk beragam keperluan. Traga sebagai pikap medium saat ini bersaing ketat dengan Mitsubishi L300.

Dia menambahkan, Traga juga disiapkan oleh prinsipal Isuzu sebagai produk ekspor ke negara Asean. Ekspor dijadwalkan dapat dilakukan pada akhir tahun ini. "Lagi proses ke Asean karena Traga diproduksi di Indonesia," paparnya.

Data Isuzu mencatat, penjualan ritel selama 4 bulan pertama sebanyak 1.583 unit. Pikap medium yang diperkenalkan pada April 2018 ini berkontribusi sebesar 22% terhadap total penjualan rital Isuzu Januari-April yang sebanyak 7.267 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
isuzu elf, Pasar Pikap, Isuzu Traga

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top