Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Impor Truk Beban Berat, Gaikindo : Penjualan Minim Sulit Bangun Pabrik

Tingkat importasi truk beban berat dalam bentuk utuh masih relatif tinggi dibandingkan dengan kendaraan niaga kategori lainnya.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 04 April 2019  |  10:00 WIB
Impor Truk Beban Berat, Gaikindo : Penjualan Minim Sulit Bangun Pabrik
Truk berat Sitrak C7H-40.390 6x4. - BISNIS.COM/ADT

Bisnis.com, JAKARTA - Tingkat importasi truk beban berat dalam bentuk utuh masih relatif tinggi dibandingkan dengan kendaraan niaga kategori lainnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), impor truk beban di atas 24 ton secara utuh pada tahun lalu mencapai 7,6% dari total penjualan truk berat 29.825 unit.

Sementara itu, impor secara utuh pikap mengontribusi 5,3% terhadap penjualan pikap di pasar domestik sebanyak 143.473 unit.

Adapun impor truk tugas beban 20 ton -24 ton hanya 2% dari total truk beban medium yang terjual 7.274 unit. Adapun impor secara utuh truk beban 5 ton - 10 ton sebanyak 0,3% dari total truk beban ringan sebanyak 76.810 unit.

Gaikindo juga mencatat dalam 2 bulan pertama tahun ini impor utuh truk berat (heavy duty truck/ HDT) dilakukan oleh hampir semua merek, mencakup Mitsubishi Fuso mengimpor 14 unit, Man Truck 11 unit, FAW 58 unit, Tata 35 unit, Scania 96 unit, UD Truck 32 unit, dan Hino 29 unit.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan bahwa selama volume penjualan truk berat masih minim maka akan sulit untuk para produsen membangun pabriknya di Indonesia.

"Pengembangan pasar [truk berat] menjadi cara untuk meyakinkan para produsen mau berproduksi di dalam negeri. Kalau pasarnya kecil mana mau mereka membuat pabrik di sini?" ujarnya kepada Bisnis, Senin (1/4/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Impor Mobil Truk Berat
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top