Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Perkotaan : Suzuki Yakin Ignis Dapat Kembali Kuasai Pasar

Suzuki Indonesia percaya diri mobil perkotaannya, Ignis dapat kembali merajai pasar city car. Penjualan Ignis sempat anjlok pada awal tahun sehingga digeser oleh Honda Brio yang kemudian merajai pasar mobil perkotaan.
Display Suzuki Ignis dipajang di booth Suzuki GIIAS 2018
Display Suzuki Ignis dipajang di booth Suzuki GIIAS 2018

Bisnis.com, JAKARTA--Suzuki Indonesia percaya diri mobil perkotaannya, Ignis dapat kembali merajai pasar city car. Penjualan Ignis sempat anjlok pada awal tahun sehingga digeser oleh Honda Brio yang kemudian merajai pasar mobil perkotaan.

4W Sales Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) Makmur mengatakan, Ignis merupakan kendaraan perkotaan yang banyak diminati. Pada awal tahun, produk yang diimpor termasuk Ignis sedikit terkendala karena terdapat jeda waktu pengiriman dari India antara 2-3 bulan.

Menurutnya, konsumen Indonesia sangat memperhatikan tahun produksi kendaraan sehingga kendaraan yang diproduksi pada awal tahun di India baru bisa tersedia di pasaran pada bulan ini. Kendati Ignis di India mengalami pembaruan (facelift), Ignis yang dipasarkan di dalam negeri tetap mengusung model yang sama dengan sebelumnya.

"Saya ngomong keseluruhan impor, keseluruhan tipe. Di Indonesia konsumen unik karena membedakan tahun produksi. Kalau produksi di sini gampang, tidak ada late time-nya, kalau impor ada late time 2-3 bulan," ujarnya, baru-baru ini .

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat Suzuki telah mendatangkan secara utuh Ignis sebanyak 939 unit pada Februari 2019. Pada Januari Suzuki tercatat tidak melakukan impor untuk Ignis.

Makmur menjelaskan, saat ini Ignis produksi 2019 telah tersedia di pasar sehingga siap untuk bersaing memperebutkan pasar city car. Menurutnya, model kendaraan perkotaan masih dicari oleh konsumen Tanah Air. "Sekarang sudah datang, pasti pegang lagi, city car masih dicari," tambahnya.

SIS mencatat, Ignis menempati posisi ketika sebagai model kendaraan dengan kontribusi penjualan terbesar di Indonesia di bawah pikap Carry dan Ertiga. Sepanjang 2018, Suzuki mampu mengirimkan kendaraan ke dealer sebanyak 13.802 unit atau berkontribusi 11,7% terhadapat total penjualan Suzuki.

Gaikindo menyebutkan, Ignis menjadi penguasa city car pada 2018. Tahun lalu, Ignis meraup 44% pangsa pasar mobil perkotaan Indonesia, unggul atas Brio yang harus puas pada posisi kedua. Kondisi itu sedikit berbalik pada awal tahun ini.

Hingga Februari 2019, Gaikindo mencatat penjualan Ignis sebanyak 935 unit, anjlok 62,8% dibandingkan periode yang sama 2108. Pada periode ini, Honda Brio menjadi model paling laris berkat penjualan sebanyak 2.991 unit, naik 14,4% dibandingkan 2 bulan pertama 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper