Model Baru, Gairahkan Pasar Sedan

Penyegaran yang dilakukan produsen otomotif pada model sedan diprediksi bakal membantu mengangkat penjualan sedan. Toyota dan Honda menjadi dua produsen yang mencoba melakukan penyegaran pada produk sedan andalan masing-masing yakni Camri dan Civic.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  22:40 WIB
Model Baru, Gairahkan Pasar Sedan
New Honda Civic. - HONDA

Bisnis.com, JAKARTA—Penyegaran yang dilakukan produsen otomotif pada model sedan diprediksi bakal membantu mengangkat penjualan sedan. Toyota dan Honda menjadi dua produsen yang mencoba melakukan penyegaran pada produk sedan andalan masing-masing yakni Camri dan Civic.

Toyota-Astra Motor (TAM) misalnya, menyebutkan penjualan sedan Toyota selama pada Januari 2019 sebanyak 138 unit, naik 51,65% dibandingkan periode Januari 2017. Toyota optimistik penjualan sedan tahun ini akan lebih baik dari 2018 karena adanya penyegaran produk dari produsen otomotif.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, penjualan sedan selama beberapa tahun terakhir sedikit menurun. Namun, sedan tetap memiliki pasarnya sendiri sehingga Toyota tetap berupaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

"Proyeksi penjualan sedan akan lebih baik dari tahun lalu karena adanya product movement seperti Camry," ujarnya kepada Bisnis akhir pekan lalu.

Seperti diketahui, pada awal Januari, Toyota memperkenalkan generasi terbaru sedan All New Camry. Toyota Camry terbaru mengandalkan platformTNGA (Toyota New Global Architechture) dan mengusung tagline Outclass Elegance,konsep yang memadukan keanggunan dan kemewahan untuk menciptakan pengalaman baru berkendara.

Henry mengklaim, Camry tetap menjadi market leader pada sedan kelas atas (high sedan) dengan pangsa pasar lebih dari 75%. Secara total, penjualan sedan Toyota pada Januari sebanyak 138 unit, sementara pada periode yang sama pada 2017 sebanyak 91 unit.

"Secara total jualan sedan Toyota jika dibandingkan dengan bulan januari 2018 ada peningkatan sebesar 50% dari 91 unit di januari tahun lalu, menjadi 138 unit di Januari 2019," paparnya.

Henry melanjutkan, jika pemerintah melakukan penyesuaian Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) maka akan menjadi sentimen positif bagi pasar sedan. Harga sedan akan lebih terjangkau sehingga bisa diterima oleh lebih banyak konsumen.

"Jika ke depannya [PPnBM] memang bisa disesuaikan, maka ini akan memberikan koreksi positif ke market sedan karena level price acceptance yang lebih luas," tambahnya.

Selain Toyota, Honda menjadi produsen lain yang melakukan penyegaran pada sedan andalannya, Civic akhir pekan lalu. PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim New Honda Civic tampil lebih sporty dan elegan, dengan fitur yang semakin lengkap.

“New Honda Civic merupakan salah satu model dengan reputasi besar di berbagai negara, salah satunya termasuk di Indonesia. Penyegaran yang dilakukan pada desain bagian eksterior dan fitur di interior mengukuhkan kemewahan dan citra sporty dari model ini,” papar Takehiro Watanabe, President Director PT HPM dalam keterangan resmi.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM menyebutkan Civic merupakan salah satu penyumbang terbesar penjualan sedan Honda sejauh ini.

"Pasar sedan memang sedikit menciut. Awal bulan ini masih seperti biasa belum ada kenaikan. Diantaranya, sedan Civic masih merupakan penyumbang terbesar," ujarnya kepada Bisnis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Toyota Camry, honda civic type r

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup