Audi dan Umicore Kembangkan Daur Ulang Baterai Loop Tertutup

Audi AG mengklaim telah mencapai tonggak baru, setelah bersama Umicore berhasil menyelesaikan fase pertama kerjasama riset strategis mereka untuk daur ulang baterai.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 31 Oktober 2018  |  01:00 WIB
Audi dan Umicore Kembangkan Daur Ulang Baterai Loop Tertutup
Logo Audi terlihat pada sebuah kendaraan yang diparkir di halaman depan kantor pusat produsen otomotif tersebut di Ingolstadt, Jerman. - Reuters/Audi Reuters/Lukas Barth

Bisnis.com, INGOLSTADT - Audi AG mengklaim telah mencapai tonggak baru, setelah bersama Umicore berhasil menyelesaikan fase pertama kerjasama riset strategis mereka untuk daur ulang baterai.

Kedua mitra sedang mengembangkan loop tertutup untuk komponen baterai tegangan tinggi yang dapat digunakan lagi dan lagi. Bahan-bahan yang sangat berharga diatur untuk menjadi tersedia di bank bahan baku.

Sudah sebelum dimulainya kerjasama dengan Umicore pada Juni 2018, Audi telah menganalisis baterai di mobil hibrida plug-in A3 e-tron dan cara daur ulang yang ditentukan. Bersama dengan ahli teknologi material, pabrikan mobil kemudian menentukan kemungkinan tingkat daur ulang untuk komponen baterai seperti kobalt, nikel dan tembaga.

Hasilnya: Dalam tes laboratorium, lebih dari 95% unsur-unsur ini dapat dipulihkan dan digunakan kembali.

Para mitra sekarang mengembangkan konsep daur ulang khusus. Fokusnya adalah pada apa yang disebut pendekatan loop tertutup. Dalam siklus tertutup, elemen berharga dari baterai mengalir ke produk baru di akhir siklus hidup mereka dan dengan demikian digunakan kembali.

Perusahaan yang berbasis di Ingolstadt sekarang menerapkan pendekatan ini ke baterai tegangan tinggi di mobil listrik e-Tron Audi baru. Tujuannya adalah untuk mendapatkan wawasan tentang kemurnian material yang dipulihkan, tingkat daur ulang dan kelayakan ekonomis konsep seperti bank bahan mentah. Keamanan pasokan dan siklus pengiriman yang lebih pendek adalah tujuan.

“Kami ingin menjadi pelopor dan mempromosikan proses daur ulang. Ini juga merupakan elemen dari program kami untuk mengurangi emisi CO2 dalam pengadaan,” kata Bernd Martens, Anggota Dewan Manajemen untuk Pengadaan dan TI di Audi AG, dalam keterangan pers yang dikutip, Rabu (31/10/2018).

Untuk Audi, daur ulang baterai adalah elemen kunci mobilitas listrik yang berkelanjutan. Dari ekstraksi bahan baku ke pabrik e-Tron CO2-netral di Brussels untuk daur ulang komponen, merek premium berkomitmen untuk konsep yang ramah lingkungan di sepanjang seluruh rantai nilainya.

Konsumsi bahan bakar dari model:

Nama : Audi A3 Sportback e-Tron
Konsumsi bahan bakar dikombinasikan dalam l/100 km: 1,8 - 1,6
Konsumsi listrik digabungkan dalam kWh/100 km: 12,0 - 11,4
Emisi CO2 digabungkan dalam g/km: 40 - 36

Sebagai catatan : konsumsi bahan bakar dan angka emisi CO2 yang diberikan dalam rentang tergantung pada ban / roda yang digunakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Audi AG, Baterai Mobil Listrik

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top