BMW i Beri Solusi Mobilitas The Ocean Cleanup

Sejak 2013, Boyan Slat telah mengerjakan mimpinya untuk menyingkirkan sejumlah besar sampah plastik di Samudera Pasifik. Sejak itu pula, siswa TU Delft Belanda berusia 24 tahun tersebut menjadi terkenal dengan inisiatifnya : The Ocean Cleanup.
Fatkhul Maskur | 30 Oktober 2018 08:00 WIB
Boyan Slat, pendiri The Ocean Cleanup. - BMW

Bisnis.com, RIJSWIJK - Sejak 2013, Boyan Slat telah mengerjakan mimpinya untuk menyingkirkan sejumlah besar sampah plastik di Samudera Pasifik. Sejak itu pula, siswa TU Delft Belanda berusia 24 tahun tersebut menjadi terkenal dengan inisiatifnya : The Ocean Cleanup.

The Ocean Cleanup adalah aksi menangani apa yang disebut sebagai sup plastik. The Ocean Cleanup adalah aksi pembersihan terbesar dalam sejarah.

Sistem pembersihan terdiri dari tabung sepanjang 600 meter yang mengapung di atas air. Di bawahnya ada rok sepanjang 3 meter. Floater tidak hanya memastikan daya apung dari sistem, tetapi pada saat yang sama mencegah plastik mengalir di atasnya, sementara rok mencegah sampah (plastik) dari melarikan diri di bawahnya.

Baik limbah plastik maupun sistemnya didorong oleh arus laut, sedangkan angin dan ombak hanya mendorong sistem, karena pelampung berada tepat di atas permukaan air, sedangkan plastik utamanya hanya di bawahnya. Oleh karena itu sistem bergerak lebih cepat daripada plastik, sehingga memungkinkan plastik untuk ditangkap. Dengan metode ini, menurut The Ocean Cleanup, 50% dari Great Pacific Garbage Patch bisa dibersihkan dalam 5 tahun.

Sejarah dengan BMW i

8 September 2018 adalah peluncuran resmi Sistem 001 di San Francisco. Sebuah tugboat menarik perangkat mengambang yang cerdik di bawah Golden Gate ke laut terbuka menandai dimulainya operasi pembersihan. Sistem ini melanjutkan perjalanan ke tempat persinggahan, sekitar 600 kilometer dari pantai.

Setelah masa percobaan 2 pekan, ia melanjutkan perjalanannya ke Great Pacific Garbage Patch, sekitar 1.500 kilometer lebih lanjut, untuk memulai Cleanup.

"Selama acara di San Francisco, tim diberi BMW i3 elektrik sepenuhnya," demikian BMW dalam keterangan pers, Senin (29/10/208).

Di Belanda, pada September, tiga model BMW i3 juga telah dikirimkan ke kantor pusat baru The Ocean Cleanup di Rotterdam untuk menyediakan mobilitas listrik 100% untuk Boyan Slat dan timnya selama 12 bulan mendatang. Pengiriman kendaraan ke kantor Rotterdam, membangun kerjasama yang lebih panjang yang dimulai pada 2017 ketika tiga BMW i3 disediakan untuk bauran mobilitas untuk acara ketika Slat dan timnya membuat pengumuman besar untuk memulai operasi secepat 2018.

BMW i dan The Ocean Cleanup.

Untuk The Ocean Cleanup adalah penting bahwa mobil perusahaan mereka sesuai dengan filosofi organisasi, dan BMW i3 elektrik sepenuhnya cocok dengan tagihan itu.

"Di BMW i sebagai inkubator untuk inovasi kami juga terus mendorong batas-batas keberlanjutan, bahkan di luar mobil," kata Robert Irlinger, Kepala BMW i. "Kami senang untuk mendukung The Ocean Cleanup pada misi mereka, karena kami berbagi pola pikir yang sama."

Dipercaya sebagai produsen mobil paling lestari di dunia, BMW Group pada gilirannya melihat kebutuhan untuk mengatasi tantangan global polusi plastik, meskipun perusahaan tidak berada di belakangnya.

Pada saat yang sama, BMW i terus berusaha memaksimalkan penggunaan daur ulang dan bahan yang tumbuh kembali dalam produk mereka. Dalam konteks yang lebih luas dari ekonomi melingkar BMW i sedang mempertimbangkan penggunaan plastik yang diperoleh dari sungai dan lautan.

BMW i3 hingga 95% dapat didaur ulang.

Selain fakta bahwa seluruh rantai produksi BMW i3 dilengkapi dengan energi hijau, mobil dapat didaur ulang hingga 95%. Dengan cara ini BMW i3 telah diberikan patokan yang kuat dalam konsep mobil lestari.

Lebih jauh lagi, penggunaan ekstensif dari bahan yang tumbuh kembali atau didaur ulang untuk misalnya. pintu cladding dan kursi menunjukkan komitmen BMW i untuk ekonomi yang berkelanjutan.

Tentang BMW i

BMW i sebagai merek BMW Group berfokus pada konsep kendaraan visioner, layanan mobilitas yang terhubung, dan pemahaman baru tentang premium yang sangat ditentukan oleh keberlanjutan. BMW i diwakili di 74 negara dengan mobil listrik BMW i3 untuk daerah perkotaan, BMW i8 plug-in-hybrid mobil sport dan plug-in hibrida BMW iPerformance Automobiles.

BMW i membuka kelompok sasaran baru untuk perusahaan dan berfungsi sebagai inkubator untuk inovasi.  Teknologi yang telah berhasil memulai debutnya di mobil BMW i dibawa ke garis model BMW merek induk.

BMW i terkait dengan DriveNow (berbagi mobil), ReachNow (berbagi mobil 2.0), ChargeNow (akses mudah ke jaringan poin pengisian terbesar di dunia), ParkNow (lokasi langsung, reservasi dan pembayaran ruang parkir), perusahaan modal ventura BMW i Ventures (investasi dalam perusahaan baru dengan fokus pada mobilitas perkotaan misalnya), BMW Energy Services dan Pusat Kompetensi untuk Mobilitas Perkotaan (konsultasi untuk kota).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bmw i3

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top