Cara Bedakan Onderdil Sepeda Motor Asli atau Imitasi

Memakai onderdil sepeda motor yang asli (original) memiliki keuntungan tersendiri, diantaranya lebih awet dari onderdil imitasi. Lalu bagaimana caranya mendeteksi atau membedakan produk yang asli dan imitasi?
Yudi Supriyanto | 28 Oktober 2018 11:25 WIB
Pengunjung melihat karya sepeda motor hibrid di sela-sela pembukaan Learning, Innovation, Knowledge, & Exhibition (LIKE) di Jakarta, Selasa (23/10/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Memakai onderdil sepeda motor yang asli (original) memiliki keuntungan tersendiri, diantaranya lebih awet dari onderdil imitasi. Lalu bagaimana caranya mendeteksi atau membedakan produk yang asli dan imitasi?

Kepala Mekanik Ahass Putera Merdeka Cibubur Anvany Irawan mengatakan bahwa untuk membedakan suku cadang yang asli atau imitasi, pertama dengan cara melihat bagian cover atau kemasan dari part tersebut.

“Kalau part original tentunya ada hologram yang menyatu dengan barcode pada bagian kemasan, selain itu kemasan juga rapi. Sedangkan produk imitasi tidak ada hologram. Meskipun terkadang memang dari bentuk kemasan sangat mirip,” ujarnya di Cibubur, Sabtu (27/10/2018).

Kedua, lanjut dia, harga onderdil imitasi jauh lebih miring. Misalnya harga kampas rem produk imitasi cukup dibanderol Rp 40.000. Kalau yang asli bisa mencapai Rp 70.000.

Ia mencontohkan untuk kampas rem, suku cadang yang asli memiliki lem aluminium dengan bantalan yang lebih rapi. “Sedangkan kampas rem imitasi itu lemnya tidak rapi,” katanya.

Ketiga, ia menjamin, produk asli dua kali lebih awet dibandingkan imitasi. “meskipun lebih mahal tapi tidak akan kecewa dalam penggunaannya part asli dua kali lebih awet dari barang imitasi,” kata Anvany.

Sumber : tempo.co

Tag : sepeda motor
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top