Elektrifikasi Lion : MAN Cite Standar Armada Pengiriman Kota

Di IAA 2018 yang dihelat di Hannover, 20-27 September, MAN Truck & Bus menghadirkan MAN Cite yang telah dirancang khusus untuk lalu lintas kargo kota
Fatkhul Maskur | 26 September 2018 11:10 WIB
MAN Cite, armada perkotaaan yang ramah lingkungan. - MAN

Bisnis.com, HANNOVER - Di IAA Commercial Vehicles 2018 yang dihelat di Hannover, 20-27 September,  MAN Truck & Bus menghadirkan MAN Cite yang telah dirancang khusus untuk lalu lintas kargo kota. Kendaraan seberat 15 ton ini ditandai dengan desain ergonomis dengan akses yang sangat rendah, lantai kabin sopir tingkat kontinyu dan akses yang mudah.

Posisi duduk yang rendah, permukaan kaca yang besar serta kamera yang membantu juga memberikan pandangan aman tentang situasi lalu lintas di sekitarnya untuk pengemudi dan penumpang. Konsep truk listrik baru yang diciptakan hanya dalam 18 bulan menetapkan tolok ukur ergonomi tempat kerja, keselamatan, dan keberlanjutan dalam transportasi distribusi kota.

Berkenaan dengan topik lalu lintas dan kualitas hidup, kota menghadapi tantangan yang semakin meningkat. Hingga 2050, penduduk perkotaan akan meningkat 50% di seluruh dunia. Pertumbuhan ini berarti, khususnya, lebih banyak lalu lintas pengiriman dan pembuangan, kebisingan, kemacetan dan emisi. Hasilnya adalah hukum dan pedoman yang lebih ketat.

Penyedia layanan transportasi harus mengadopsi proses kerja mereka untuk ini dan, pada saat yang sama, memperhitungkan meningkatnya permintaan untuk transportasi.

Bagaimana barang akan diangkut ke bisnis di kota meskipun kebisingan dan pembatasan emisi ketat? Bagaimana kecelakaan dan kerusakan tabrakan dapat dihindari dalam lalu lintas kota yang meningkat kepadatannya? Apa yang bisa membuat pekerjaan sehari-hari pengemudi lebih mudah ketika mereka harus masuk dan keluar dari kendaraan mereka puluhan kali selama tur mereka?

MAN Truck and Bus menghadirkan Cite sebagai kendaraan distribusi yang merupakan jawabannya.

MAN CitE: Fokus pada ergonomi

Masuk pada sisi kendaraan sangat mudah dan dapat dijalankan pada langkah rendah 350 mm. Berkat lantai kabin pengendara tingkat yang sedikit tertarik, pengemudi dapat mengambil tempat di kursi dan kemudian mengayunkan kakinya. Lantai pengemudi yang benar-benar datar memberikan kebebasan bergerak yang maksimal di dalam kabin. Sopir memiliki bagian bebas ke sisi penumpang. Di sini, dengan pintu geser putar besar yang dibuka secara elektrik, CitE menyediakan terutama ketika parkir di baris kedua kondisi kerja terbaik.

Ini membuka lebar lengkap dan tinggi pintu. Kursi co-driver melipat secara otomatis dan menyediakan ruang tambahan untuk bagian itu. Dengan cara ini, pengemudi bisa masuk dan keluar berdiri tegak dan tanpa usaha, tanpa harus berpegang pada apapun. Ini merupakan manfaat yang tak tergantikan bagi banyak pengirim alamat per tur. Saat membuka, pintu geser juga hanya membutuhkan sedikit ruang ke samping. Ini juga memungkinkan pembongkaran di tempat parkir yang sempit atau ketika berhenti di jalur kedua tanpa masalah.

Cite juga menguasai ergonomi saat bepergian. Semua tampilan di sekitar tempat kerja pengemudi berada di bidang visi langsung. Layar telah dirancang sepenuhnya digital untuk visualisasi optimal dari semua informasi untuk pengemudi. Saklar diatur secara logis sesuai dengan seberapa sering mereka digunakan dengan mudah dicapai dari posisi duduk normal, serta pemegang cangkir dan nampan penyimpanan.

Rak-rak di sekitar tempat kerja pengemudi lebih banyak. Ini termasuk pemegang di area tengah, di belakang kotak pendingin atau kotak minuman dapat disimpan dengan aman. Di belakang ini, di dinding belakang, pengemudi memiliki ruang penyimpanan yang luas. Pada kedua lengkungan roda, pengemudi menemukan rak, misalnya, untuk sebuah tas. Pemegang cangkir terletak strategis di kursi pengemudi. Lebih jauh ke bawah, clipboard dengan kertas pengiriman dapat disimpan dengan aman.

Di atas pengemudi juga ada rak atap besar dengan kompartemen terbuka di atas pintu. Rak besar lain di dashboard meluas ke sisi penumpang. Dokumen pengiriman juga menemukan tempat yang aman langsung di dasbor.

Di bagian bawah panel pintu adalah mangkuk besar yang terintegrasi, yang juga dapat menampung 2 botol (hingga 1,5 liter botol PET). Di atas pegangan pintu ada rak terbuka kecil tambahan. Sehingga pengemudi dapat menemukan jalannya dengan mudah bahkan di malam hari, kabinnya secara optimal diterangi untuk bekerja. Ini termasuk pencahayaan kabin serta pencahayaan untuk rak.

Pemegang tablet / smartphone universal di dashboard tersedia dalam pandangan langsung dan jangkauan pengemudi. Hal ini memungkinkan untuk mengintegrasikan tablet atau smartphone yang dikustomisasi ke dalam workstation pengemudi sedemikian rupa sehingga proses-proses berorientasi logistik dan arus barang diintegrasikan secara optimal ke dalam alur kerja.

Terlepas dari kendaraan, perangkat dapat dioperasikan di jaringan milik pelanggan. Soket pengisian USB disediakan segera di sebelah pemegang. Dengan demikian, fungsi yang terkait dengan pelanggan untuk armada, seperti catatan pengiriman digital, terintegrasi secara optimal ke dalam alur kerja.

Pendingin udara CitE dirancang untuk kebutuhan khusus dalam lalu lintas pengiriman kota. Pengemudi masuk dan keluar berkali-kali setiap tur dan selalu bergerak. Pintu-pintu mudah dibuka. Penghangat di musim dingin dan kebutuhan pendinginan meningkat di musim panas - ini berarti hilangnya energi yang tidak diinginkan untuk kendaraan listrik. Untuk tujuan ini, konsep AC dari MAN Cite menerapkan pengkondisian udara kabin yang dikurangi dan sebagai gantinya, panas atau ventilasi disalurkan melalui kursi pengemudi.

Pada bulan-bulan musim panas, panas dan keringat diangkut oleh ventilasi, di musim dingin, panas langsung menyenangkan melalui kursi dan mengurangi sistem muskuloskeletal. Saat cuaca dingin, pemanas roda kemudi tambahan menghangatkan tangan pengemudi.

MAN Cite: Keamanan

Sebagai kendaraan pengiriman kota, sarana keamanan adalah pandangan tak terbatas atas lalu lintas di sekitarnya dan pengguna jalan lainnya. Kontak mata langsung dengan pesepeda dan pejalan kaki sangat penting bagi pengemudi untuk menilai situasi dengan benar, misalnya, saat membuat gerakan laju.

MAN telah mempertimbangkan kriteria ini secara konsekuen dengan desain Cite. Permukaan jendela yang sangat rendah serba menyediakan pengemudi dengan pandangan langsung maksimum ke luar. Berkat posisi duduk yang rendah, mereka memiliki kontak penglihatan dengan pejalan kaki atau pengendara sepeda di tingkat mata.

Untuk memberi mereka pandangan bebas atas sistem lampu lalu lintas dan tanda-tanda yang dipasang tinggi, bidang pandang kaca depan sangat tinggi di sisi penumpang. Karena pandangan ke depan dan samping tidak hanya penting dalam lalu lintas padat perkotaan, tetapi juga apa yang terjadi di sekitar kendaraan, pengemudi di Cite 18 juga dilengkapi dengan sistem kamera 360 derajat pandangan mata burung.

Pemandangan panorama dari pandangan burung-mata di sekitar seluruh kendaraan ditunjukkan pada layar pusat yang besar dari sistem hiburan dan navigasi yang terintegrasi. Pejalan kaki atau pengendara sepeda serta hambatan lain seperti kendaraan yang diparkir dan dengan demikian ketika mengemudi perlahan dan bermanuver, selalu dalam pandangan pengemudi.

Menjadi ukuran efektif terhadap kecelakaan yang disebabkan oleh blind spots, Cite juga dilengkapi dengan sistem pengganti cermin baru. Dengan demikian, kamera di kedua sisi kendaraan menyediakan gambar langsung pada dua layar yang dipasang di bidang penglihatan pengemudi dan mengurangi titik-titik buta.

Sepintas, pengemudi dapat menilai situasi lengkap yang sebaliknya akan membutuhkan kaca spion sudut pandang dan tepi belakang. Tergantung pada siang hari, teknologi kamera yang digunakan memungkinkan representasi resolusi tinggi dari lingkungan sekitar sehingga pengemudi memiliki pandangan yang lebih baik di malam hari dan dengan kondisi cahaya yang bervariasi. Selain itu, keterbatasannya berkurang dibandingkan dengan cermin, misalnya fogging up, kotoran atau dibutakan oleh Matahari. Ini meningkatkan keamanan tambahan dan, pada saat yang sama, mengurangi kemungkinan kerusakan tabrakan dan dengan demikian memperbaiki biaya.

MAN CitE: Sepenuhnya Listrik

MAN secara konsekwen mendesain Cite sebagai kendaraan pengantar kota yang digerakkan secara elektrik. Karena kereta penggerak diesel dengan mesin pembakaran di atas gandar depan tidak lagi diperlukan, ini memungkinkan desain kendaraan di lantai rendah dengan lantai yang sangat rendah dan kebebasan bergerak maksimum untuk pengemudi di dalam kabin.

Dorongan Cite diambil alih oleh motor listrik yang diatur secara terpusat dari modul eMobility MAN. Baterai ion lithium terletak di bawah rangka kendaraan dan memungkinkan jangkauan minimal 100 kilometer - cukup untuk satu hari tur dalam lalu lintas pengiriman kota. Chassis benar-benar tertutup yang meningkatkan keamanan bagi pengguna jalan lainnya juga. Selain itu, ini menjamin perlindungan baterai yang lebih baik jika terjadi kecelakaan.

Tujuan yang jelas dari CitE adalah, meskipun konsep individu dengan superstruktur standar, yang masih bisa dilengkapi dengan konstruksi konvensional. Pada dasarnya, Cite dapat dipertimbangkan untuk semua aplikasi suprastruktur khas untuk lalu lintas pengiriman kota; Namun fokus utamanya adalah badan pengangkutan kering untuk distribusi produk dan barang ke usaha kecil.

MAN Cite juga dilengkapi dengan ban desain khusus dari Continental. Studi ban Conti e.MotionPro dicocokkan secara khusus dengan tata letak Cite dilengkapi dengan tapak yang dibuat khusus dan dengan garis-garis biru yang khas pada dinding samping dan alur biru di tapak, sangat sesuai dengan desain Cite

MAN Cite: Mustahil dimungkinkan!

Menjadi konsep kendaraan, MAN Cite bukan hanya pendekatan baru dengan banyak ide inovatif yang menyimpang dari kendaraan konvensional. Dengan kreasinya, para pengembang bahkan mengambil jalur yang benar-benar baru. Pada awalnya, sepertinya persyaratan proyek tidak dapat diimplementasikan. Truk listrik yang dapat dikembangkan sepenuhnya baru yang dirancang untuk kebutuhan lalu lintas distribusi kota harus dikembangkan dalam waktu kurang dari dua tahun - biasanya proyek yang memakan waktu 5 tahun, dari sketsa pertama hingga pengungkapan kendaraan yang sudah jadi.

Sangat jelas bagi tim pengembangan bahwa ini hanya mungkin dengan pendekatan inovatif dari organisasi kerja. Mereka menemukan solusi di sektor pengembangan perangkat lunak, dengan siklus pengembangan produk yang relatif singkat. Dengan demikian, metode kerja gesit adalah kunci untuk mengendalikan proyek-proyek rumit secara fleksibel, menjaga upaya birokrasi serendah mungkin dan untuk membangun aturan yang kurang fleksibel.

Tim lintasfungsional dirancang berdasarkan ini bahwa, dengan metode scrum lincah, mengatur pekerjaan mereka secara fleksibel dan dinamis. Ulasan dengan peserta proyek secara berkala mempercepat proses keputusan secara signifikan. Dengan menggunakan pendekatan tangkas ini, MAN Cite dapat diterapkan dalam jangka waktu hanya 18 bulan dan akhirnya siap untuk dikendarai di IAA 2018.

Keberhasilan ini adalah kinerja luar biasa dari tim bermotivasi tinggi yang, dengan MAN Cite, telah menetapkan tolok ukur baru untuk keselamatan, ergonomi tempat kerja dan keberlanjutan dalam lalu lintas distribusi kota. MAN pada awalnya akan menghadirkan CitE kepada publik di IAA 2018. Dengan tanggapan dan pertanyaan positif masing-masing, produksi kendaraan lebih lanjut atas dasar MAN CitE adalah opsi yang memungkinkan.

Tag : Man Truck and Bus
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top