Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Luncurkan Program SmartCharge : Hemat Uang, Kurangi Jejak Lingkungan

Honda memperkenalkan program beta Honda SmartCharge yang memungkinkan pelanggan kendaraan listrik mengurangi jejak lingkungan pengisian sekaligus mendapatkan reward uang.
Honda Smart Charge. /Honda
Honda Smart Charge. /Honda

Bisnis.com, CALIFORNIA - Sejalan dengan target penjualan dua pertiga kendaraan listrik pada 2030 di pasar global, Honda memperkenalkan program beta Honda SmartCharge yang memungkinkan pelanggan kendaraan listrik mengurangi jejak lingkungan pengisian sekaligus mendapatkan reward uang.

Honda menjadi pembuat mobil pertama yang memperkenalkan program semacam ini. Program Honda SmartCharge akan diluncurkan untuk pelanggan Honda Fit EV.

Pada umumnya, pemilik kendaraan listrik mencolok dan mengisi daya mobil saat sampai di rumah sepulang kerja, tetapi pada sore hari itu pengisian mencapai titik paling padat dan tarif listriknya ada di puncak.

Nah, Honda SmartCharge ini memungkinkan pelanggan Fit EV untuk mengisi daya ketika permintaan rendah dan ketersediaan energi terbarukan tinggi.

Menggunakan sistem telematika kendaraan dan platform perangkat lunak JuiceNet Enel X--anak usaha eMotorWerks, Honda SmartCharge menghitung waktu terbaik untuk mengisi kendaraan dari jaringan listrik, dinamis dengan mempertimbangkan jadwal harian pengemudi, jumlah energi terbarukan yang dihasilkan, dan jumlah CO2 yang dipancarkan dari pembangkit listrik di grid.

Dengan mencatatkan waktu pengisian yang diinginkan, sistem memungkinkan pengisian kendaraan akan penuh ketika pelanggan membutuhkan berikutnya tanpa mempengaruhi penggunaan kendaraan.

Sebagai Demand Response Provider (DRP) untuk Honda SmartChargeTM, eMotorWerks bekera sama dengan California Independent System Operator (CAISO) untuk memungkinkan kontrol real-time melalui komunikasi cloud to cloud, memungkinkan EVS untuk ikut merespon permintaan untuk mendukung grid.

"Honda SmartChargeTM secara unik mampu menggeser pengisian kendaraan listrik secara real-time tanpa mempengaruhi pelanggan," kata Steve Pusat, Wakil Presiden American Honda Motor Co., Inc. untuk Bidang Pengembaangan Bisnis Lingkungan dan Terkoneksi.

"Kami percaya program ini akan menciptakan nilai baru bagi pelanggan kami, mengurangi permintaan di grid pada saat beban puncak, dan membantu memberikan kontribusi tujuan perusahaan mengurangi emisi CO2."

Honda akan mempelajari hasil dari program beta antara pelanggan EV Fit, dengan mata ke arah menerapkannya pada kendaraan listrik lainnya, termasuk Clarity EV dan Clarity PHEV.

Program Honda SmartCharge tersedia pada perangkat Apple untuk pelanggan California, dan akan diperluas ke area lain dalam waktu dekat.

Foto: Honda Motor
Foto: Honda Motor

Dapat Hadiah dan Selamatkan Bumi

Untuk berpartisipasi dalam program beta Honda SmartCharge, pemilik Fit EV dapat men-download gratis aplikasi HondaLink EV, membuat profil, dan pilih waktu pengisian yang disukai.

Algoritma pada aplikasi Honda SmartCharge menggunakan sinyal harga dari grid listrik untuk menentukan periode jaringan yang optimal dalam waktu pengisian yang paling disukai pelanggan.

Dengan aplikasi Honda SmartCharge, driver Fit EV bisa memantau kemajuan pengisian mereka dan menerima push pemberitahuan untuk mengingatkan mereka untuk plug-in.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur scorecard yang melacak imbalan yang diterima, CO2 disimpan, dan statistik lainnya yang terkait untuk partisipasi pelanggan dalam program ini.

Setelah menerima persetujuan utilitas dari eMotorWerks dan menyelesaikan lima sesi pengisian, pelanggan mendapatkan hadiah uang sign-up. Imbalan tambahan akan dihitung berdasarkan tingkat partisipasi pelanggan selama setiap periode 2 bulan.

Komitmen terhadap Lingkungan

Berdasarkan visi Blue Skies for our Children, Honda bekerja untuk memajukan teknologi yang mengatasi masalah lingkungan dan energi masyarakat. Honda menargetkan pengurangan 50% total emisi CO2 perusahaan pada basis global pada 2050, dibandingkan dengan 2000.

Untuk menciptakan masyarakat bebas karbon, Honda menerapkan proyek energi terbarukan di seluruh operasinya.

Honda akan meningkatkan jumlah penjualan kendaraan listriknya mencapai 2/3 di pasar global pada 2030. Di Amerika Utara, Inisiatif Elektrifikasi Honda akan mendorong aplikasi teknologi penggerak listrik untuk memperluas portfolio mobil dan truk ringannya di masa mendatang.

Jajaran mobil listrik Honda saat ini, termasuk seri Clarity, akan menampilkan sel bahan bakar, baterai listrik dan plug-in powertrains hibrida, bersama dengan Accord baru dan Honda Insight hibrida.

Honda tengah bekerja untuk mengurangi dampak lingkungan dari produknya melalui siklus hidup, termasuk mengurangi limbah, emisi dan meningkatkan efisiensi energi produksi, distribusi, dan penjualan Honda dan Acura di Amerika Utara. Ini termasuk 93% pengurangan limbah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah dari pabrik Honda di Amerika Utara.

Melalui inisiatif "pembelian hijau" dan "dealer hijau", perusahaan juga bekerja untuk mempromosikan praktik bisnis yang bertanggung-jawab terhadap lingkungan bersama dengan lebih dari 650 pemasok original equipment and 1.300 diler ritel mitra.

Honda Luncurkan Program SmartCharge : Hemat Uang, Kurangi Jejak Lingkungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper