Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOBIL MEWAH : Penjualan Lexus Melaju Kencang

Penjualan Lexus Indonesia mencatatkan pertumbuhan 5,11% sepanjang semester I/2018 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kehadiran produk baru seperti LS500 juga berkontribusi terhadap peningkatan penjualan Lexus di Tanah Air.
Lexus LS 500 dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017, Tangerang, Banten, Senin (14/8)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Lexus LS 500 dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017, Tangerang, Banten, Senin (14/8)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

JAKARTA—Penjualan Lexus Indonesia mencatatkan pertumbuhan 5,11% sepanjang semester I/2018 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kehadiran produk baru seperti LS500 juga berkontribusi terhadap peningkatan penjualan Lexus di Tanah Air.

General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan, kondisi makro ekonomi dan bisnis yang baik mendorong penjualan Lexus. Kehadiran sedan mewah LS500 pada awal tahun juga menarik minat pasar terhadap sedan premium itu.

“Penjualan kelas ini naik jauh dibanding tahun lalu. Hal ini yang menopang pertumbuhan Lexus,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (19/7).

Datat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat sepanjang paruh pertama tahun ini, wholesales Lexus Indonesia sebanyak 761 unit. Jumlah itu naik 5,11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang mana Lexus Indonesia memasarkan 724 unit.

Penjualan Lexus di Tanah Air ditopang oleh RX300 yang mencapai 514 unit, disusul NX200 dengan 113 unit, dan LX570 dengan 64 unit. Penjualan Lexus paling banyak terjadi pada Februari yakni sebanyak 227 unit.

Adrian menuturkan Lexus Indonesia bakal melakukan penyesuaian harga pada semester II/2018 lantaran depresiasi rupiah. Lexus berencana menaikkan harga pada kisaran 5% hingga 10% mengingat semua kendaraan premium Lexus merupakan kendaraan impor utuh (completely built up/CBU).

Walaupun menaikkan harga, Adrian optimis permintaan kendaraan kelas premium tidak akan terganggu karena pembeli kendaraan mewah adalah tidak terlalu sensitif terhadap harga.

Pada semester II/2018, Lexus Indonesia tetap akan mempertahankan strategi marketing bertajuk Experience Amazing yakni suatu layanan untuk memanjankan pelanggan berupa parkir eksklusif pada tempat-tempat ternama. Hal itu bertujuan memberikan nilai lebih dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

"Layanan exclusive parking privilege kami di mall ternama seperti Kelapa Gading, Grand Indonesia, Senayan City dan lainnya. Itu juga salah satu pendorong yang membuat pelanggan Lexus bangga," tambahnya.

Adrian menambahkan untuk penjualan hingga akhir tahun, Lexus Indonesia berharap dapat melanjutkan tren penjualan semester pertama. Permintaan global terhadap kendaraan premium juga meningkat sehingga di Lexus Indonesia masih menunggu kepastian pasokan unit.

"Kondisinya masih menunggu karena supply saat ini kondisinya masih belum catch up. Demand masih lebih besar karena permintaan global juga tinggi," jelasnya. (Thomas Mola)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Edisi Senin (23/7/2018)
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper