Kidman Resources Australia Pasok Lithium untuk Baterai Mobil Listrik Tesla

Kidman Resources Australia mengatakan pada hari ini Kamis (17/5/2018) akan memasok lithium untuk baterai mobil listrik Tesla Inc, yang terbaru dalam serangkaian kesepakatan oleh produsen mobil yang mengamankan pasokan mineral karena lonjakan permintaan untuk mobil bersih.
Muhammad Khadafi | 17 Mei 2018 12:36 WIB
Baterai Lithioum Ion. - Reuters

Bisnis.com, AUSTRALIA BARAT - Kidman Resources Australia mengatakan pada hari ini Kamis (17/5/2018) akan memasok lithium untuk baterai mobil listrik Tesla Inc, yang terbaru dalam serangkaian kesepakatan oleh produsen mobil yang mengamankan pasokan mineral karena lonjakan permintaan untuk mobil bersih.

Kesepakatan itu terjadi kurang dari 2 minggu setelah Kidman memilih sebuah situs untuk mengembangkan pabrik pengolahan lithium di Kwinana, Australia Barat, dengan mitra perusahaan patungannya Sociedad Quimica y Minera de Chile (SQM).

Lithium adalah bahan utama dalam baterai isi ulang yang menggerakkan mobil listrik. Prakiraan permintaan yang melonjak untuk kendaraan seperti Tesla Inc Model X dan General Motors Co's Chevy Bolt, telah menaikkan harga lithium karbonat lebih dari dua kali di atas tingkat awal 2015.

Penambang litium di Australia dan Kanada telah melihat saham mereka naik, ditopang oleh permintaan untuk kendaraan listrik, sebagian karena standar emisi mobil ketat di seluruh dunia.

"Ini adalah salah satu sektor dari pasar kami yang kami prediksi akan terus tumbuh secara substansial," kata James McGlew, direktur eksekutif untuk perdagangan saham perusahaan di Argonaut yang berbasis di Perth.

Saham Kidman naik 2,8% pada Kamis, dibandingkan dengan penurunan 0,2% di pasar Australia yang lebih luas. Stok ini sekitar 26 kali tingkatnya di awal 2016.

Tesla, dipimpin oleh miliarder Silicon Valley, Elon Musk, telah membalikkan pasar untuk kendaraan listrik. Pembeli tidak dapat memperoleh cukup banyak dari mobil mewahnya meskipun penundaan produksi untuk sedan Model 3 mass-market yang lebih besar telah meningkatkan kekhawatiran investor.

Panasonic Corp, yang saat ini memproduksi sel baterai untuk Tesla di Jepang serta di Tesla's yang disebut Gigafactory di negara bagian Nevada AS, mengatakan pekan lalu bahwa produksi baterai bisa dilakukan bersama-sama oleh Tesla di China.

Selama dekade berikutnya, industri lithium global akan menjamin investasi sebesar US$ 10 miliar hingga US$12 miliar, kata eksekutif SQM bulan lalu.

Kidman, yang mengharapkan pabrik pengolahan akan on line pada 2021, mengatakan pada Kamis bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan dengan pihak "perusahaan global signifikan" lainnya yang mencari pasokan lithium yang dimurnikan.

"Tidak mengherankan jika nama-nama seperti Daimler AG atau seseorang di garis itu adalah yang berikutnya untuk menandatangani perjanjian," kata Matthew Keane, analis utama Argonaut tentang Kidman.

“Ini adalah yurisdiksi risiko berdaulat rendah, mitra yang baik dalam hal SQM di belakangnya, Anda memiliki pemerintahan yang mendukung. Ini akan menarik banyak mantan pemain China, serta pemain Cina, mereka menawar pasti. ”

Kesepakatan Kidman dengan Tesla, yang untuk jangka waktu tiga tahun pertama dengan "harga tetap, bayar atau bayar" dari pengiriman produk pertama, menampilkan dua opsi jangka 3 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Tesla, Baterai Lithium-Ion

Sumber : Reuters

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top