Inovasi MAN pada Model 2018: Dari Mesin Hingga Desain

MAN, unit kendaraan truk milik Volkswagen, meluncurkan inovasi pada model kendaraan 2018, mulai dari mesin berteknologi baru hingga desain kendaraan yang lebih praktis.
Yudi Supriyanto | 15 Mei 2018 09:00 WIB
Seri MAN Truck TGM. - MAN

Bisnis.com, MUNICH - MAN truck and Bus, unit kendaraan truk milik Volkswagen, meluncurkan inovasi pada model kendaraan 2018, mulai dari mesin berteknologi baru hingga desain kendaraan yang lebih praktis.

Seperti dikutip dalam siaran persnya, Selasa (15/5/2018), MAN melengkapi seri TGL dan TGM dengan mesin baru dari seri mesin D08. Unit penggerak, yang tersedia dengan empat dan enam silinder, ditandai hanya dengan menggunakan aftertreatment gas buang SCR.

Mesin D0834 empat silinder dengan perpindahan 4,6 liter dimulai pada 160 hp dan torsi maksimum 600 Nm. Output daya lainnya adalah 190 hp dengan 750 Nm dan 220 hp dengan 850 Nm. Versi empat silinder hanya dipasang di MAN TGL.

Dengan kapasitas 6,9 liter, varian D0836 6-silinder dengan 250 hp dan 1050 Nm adalah mesin paling kuat untuk MAN TGL, dan versi entry-level untuk MAN TGM. Varian lainnya memiliki 290 hp dan 1150 Nm, serta 320 hp dan hingga 1250 Nm torsi maksimum.

Teknologi aftertreatment gas buang SCR dan temperatur pembakaran yang lebih tinggi pada semua mesin D08 memastikan efisiensi bahan bakar meningkat 3%-5%.

Seluruh seri, tergantung pada output daya, hingga 103 kg lebih ringan berkat struktur yang lebih simpel, sehingga memberi manfaat untuk keseimbangan dalam muatan, keandalan, dan masa pakai mesin yang lebih panjang.

Versi Euro 4 dan Euro 5 memiliki toleransi belerang yang tinggi dan karenanya dapat digunakan di seluruh dunia, bahkan di negara-negara dengan kandungan belerang tinggi hingga 2000 ppm dalam diesel.

Struktur yang lebih sederhana dari sistem pembersihan gas buang memungkinkan Euro 6 kendaraan dikonversi untuk pemasaran sekunder di negara-negara di mana standar Euro 5 atau Euro 4 berlaku.

Semua mesin D08 Euro 6c baru dapat dioperasikan tanpa konversi lanjutan menggunakan bahan bakar biodiesel sintetis per EN 15940.

Keuntungan lainnya adalah interval penggantian oli mesin yang diperpanjang. Ketika menggunakan minyak yang MAN telah disetujui, interval ini sekarang hingga 80.000 kilometer, tergantung pada penggunaan kendaraan.

Generasi mesin baru termasuk sepenuhnya bekerja ulang dan pencocokan perpindahan gigi. Idle Speed Driving juga tersedia untuk gearbox TipMatic 6-percepatan dan 12-percepatan.

Fungsi gearbox ini memungkinkan pengendaraan lambat pada kecepatan idle dan dengan kopling tertutup, tanpa menekan pedal gas. Kecepatan kendaraan tetap konstan dan keausan kopling berkurang.

Selain itu, MAN TipMatic dengan gearbox 12-kecepatan memberikan fungsi tambahan untuk meningkatkan efisiensi - Pergeseran Kecepatan untuk perpindahan yang lebih cepat antara ketiga gigi tertinggi dan EfficientRoll untuk pengurangan konsumsi.

MAN juga mendesain ulang interior untuk seri MAN TG menjadi lebih praktis dan mudah digunakan. Desain, fungsionalitas dan ergonomi adalah fokusnya.

Pada panel instrumen utama ada layar warna beresolusi tinggi 4" yang terstruktur jelas. Tampilannya yang berwarna berbeda membantu pembacaan dan orientasi. Ini berarti bahwa setiap pesan peringatan atau informasi lebih lanjut menarik perhatian lebih cepat. Panel sentral switch dan panel operasi juga menampilkan fungsi yang direstrukturisasi.

Switch terkait disusun dalam kelompok untuk memastikan penanganan yang lebih intuitif, dan fungsi yang sering digunakan, seperti tombol putar untuk gearbox otomatis MAN TipMatic, sekarang terletak di panel operasi utama ini. Konsep switching dan operasi baru akan identik di semua seri truk MAN di masa depan.

Panel instrumen di atas dan di sebelah kanan kotak kontrol pusat menyediakan lebih banyak area penyimpanan dengan koneksi listrik terintegrasi dan pemegang cup fleksibel baru. Di area di bawah konsol tengah, ada kompartemen terbuka tambahan di sepanjang lebar laci di bawah ini.

Desain ulang juga menyediakan ruang ekstra antara kursi dan di depan tempat tidur. Kotak pendingin atau kotak penyimpanan (yang sekarang benar-benar tersembunyi di bawah tempat tidur di varian panjang kabin) juga berkontribusi untuk ini. Kotak pendingin telah meningkat hingga kapasitas 35 liter di sini; fungsi pendinginan yang cepat dan mode hibernasi yang tenang juga disertakan. Sebagai alternatif, kompartemen penyimpanan tertutup yang besar dapat disediakan di sini.

Di area istirahat yang dioptimalkan dari MAN TGM dan TGS dengan kabin L dan LX, tempat tidur atas dan bawah (opsional) sekarang memiliki kotak kontrol listrik yang lebih nyaman dengan sakelar untuk pencahayaan interior, pengangkat jendela dan atap geser. Empat soket yang kuat (12 V, 24 V, USB) dan konsep pencahayaan baru menambah kenyamanan.

Tag : Man Truck and Bus
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top