Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IIMS 2018: Dyandra Optimistis Nilai Transaksi Tercapai, Ini Alasannya

PT Dyandra Promosindo meyakini nilai transaksi pada ajang Indonesia International Motor Show 2018 dapat mencapai Rp3,3 triliun meskipun pada hari kesembilan nilai transaksi yang tercatat baru Rp2,5 triliun.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 29 April 2018  |  10:00 WIB
Pengunjung melihat-lihat produk yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di Jakarta, Kamis (19/4/2018). - JIBI/Dwi Prasetya
Pengunjung melihat-lihat produk yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di Jakarta, Kamis (19/4/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA—PT Dyandra Promosindo meyakini nilai transaksi pada ajang Indonesia International Motor Show 2018 dapat mencapai Rp3,3 triliun meskipun pada hari kesembilan nilai transaksi yang tercatat baru Rp2,5 triliun.

Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo, mengungkapkan, pihaknya optimistis nilai transaksi hingga sebelas hari gelaran IIMS 2018 mencapai target sebesar Rp3,3 triliun lantaran karakteristik masyarakat yang kerap memutuskan untuk membeli mobil di akhir-akhir.

“Pertanyaannya apakah 2 hari ini bisa sama dengan angka di IIMS sebelumnya? Kalau bicara data historis, orang Indonesia itu justru di hari terakhir baru memutuskan untuk membeli,” kata Hendra di Jakarta, Sabtu (28/4/2018) malam.

Dia menambahkan, banyak faktor yang menjadi pendorong para pengunjung IIMS 2018 melakukan pembelian kendaraan bermotor mobil dan motor, dan membuat nilai total transaksi mengalami peningkatan sampai hari terakhir.

Pertama, jumlah pengunjung, total nilai transaksi akan berbanding lurus dengan peningkatan jumlah pengunjung. Sampai pada Jumat, 27 April 2018, jumlah pengunjung berada sekitar 408.532 orang, dan dapat terus bertambah hingga mencapai target mengingat dua hari terakhir adalah Sabtu dan Minggu.

Perusahaan membidik jumlah pengunjung Indonesia Internasional Motor Show 2018 mencapai 525.000 orang atau mengalami kenaikan 4% dibandingkan gelaran yang sama tahun lalu.

Kedua, kehadiran presiden Joko Widodo dalam pembukaan IIMS 2018 memberikan gairah bagi masyarakat untuk datang ke acara tersebut. “Dengan hadirnya Jokowi di IIMS, kan gairah meningkat. Pengunjung yang belum pernah hadir ke IIMS jadi datang ke pameran ini. Ini segmen baru,” katanya.

Ketiga, produk-produk yang diluncurkan pertama kali di dunia dalam ajang IIMS 2018. Menurutnya, produk-produk world premiere tersebut membuat orang penasaran dan memutuskan untuk melakukan pembelian.

Dia menilai, perilaku orang membeli kendaraan tidak jauh berbeda dengan perilaku orang dalam membeli gawai pintar yang begitu suka terhadap produk tersebut langsung melakukan pembelian.

Keempat adalah momentum menjelang Lebaran. Masyarakat memiliki perilaku atau cenderung untuk membeli kendaraan baru untuk melakukan perjalanan mudik lebaran dan dapat meningkatkan penjualan kendaraan.

Pameran IIMS 2018, dia melanjutkan merupakan pameran yang dekat dengan momentum menjelang Lebaran sehingga bisa dijadikan ajang bagi masyarakat untuk melakukan pembelian kendaraan.

Sampai pada Jumat (27/4), jumlah penjualan kendaraan roda empat mencapai 7.134 unit, sementara kendaraan roda dua sebanyak 874 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IIMS 2018 Pameran Mobil
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top