Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Uber Tangguhkan Layanan di Yunani Pasca Undang-undang Baru

Layanan Uber mengatakan pada Kamis (5/4/2018) akan menangguhkan layanan berlisensi di Yunani setelah disahkannya undang-undang lokal yang memberlakukan peraturan ketat pada sektor ini.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 06 April 2018  |  09:40 WIB
Logo Uber tampak di telepon mobile di London, Inggris, 25 September 2017.  - REUTERS
Logo Uber tampak di telepon mobile di London, Inggris, 25 September 2017. - REUTERS

Bisnis.com, ATHENA - Layanan Uber mengatakan pada Kamis (5/4/2018) akan menangguhkan layanan berlisensi di Yunani setelah disahkannya undang-undang lokal yang memberlakukan peraturan ketat pada sektor ini.

Uber, yang mengoperasikan layanan berlisensi di ibu kota Yunani, telah menghadapi pertentangan dari pengemudi taksi lokal yang menuduhnya mengambil bisnis mereka.

“Peraturan lokal baru baru-baru ini dipilih dengan ketentuan yang berdampak pada layanan berbagi-tumpangan,” kata Uber dalam posting blog. "Kami harus menilai apakah dan bagaimana kami dapat beroperasi dalam kerangka kerja baru ini dan dengan demikian akan menangguhkan uberX di Athena mulai Selasa depan sampai kami dapat menemukan solusi yang tepat."

Uber mengoperasikan dua layanan di Athena: UberX, yang menggunakan driver berlisensi profesional, dan UberTAXI, yang menggunakan sopir taksi.

Peraturan baru mengharuskan setiap perjalanan untuk memulai dan mengakhiri di markas atau tempat parkir khusus mitra armada, sesuatu yang tidak dilakukan Uber. Registri digital dari semua platform ride-sharing dan penumpangnya juga akan dibuat.

Perusahaan ini diluncurkan di Eropa pada 2011, membuat marah beberapa pejabat lokal dan pengemudi taksi yang mengatakan tidak mematuhi aturan yang sama pada asuransi, perizinan dan keamanan.

Menyusul protes luas, pertempuran di pengadilan dan larangan, Uber telah mengambil sikap yang lebih emosional di bawah CEO barunya Dara Khosrowshahi, menangguhkan operasi di berbagai kota untuk mematuhi peraturan setempat.

UberX diluncurkan di Athena pada 2015 dan lebih dari 450.000 orang telah menggunakan aplikasi ponsel cerdasnya untuk memesan tumpangan. Berita tentang peraturan baru tahun lalu membuat marah beberapa warga Athena dan puluhan ribu menandatangani petisi yang diluncurkan oleh Beat - layanan berbagi perjalanan lokal - yang mendukung layanan naik pesawat.

Pengemudi UberX harus dipekerjakan oleh mitra armada seperti perusahaan penyewaan mobil atau agen wisata dan mobil mereka tidak boleh lebih dari 7 tahun.

Registrasi data dan persyaratan kembali ke garasi hanya akan berlaku untuk layanan naik-naik seperti Uber dan Beat, sementara pengemudi taksi akan dapat menggunakan mobil yang berusia hingga 22 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Uber Technologies Taksi Uber
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top