Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

World Premiere di GIMS 2018: Morgan Tampilkan Plus 8 Edisi Khusus Ultah ke-50

Morgan Motor Company, perusahaan mobil milik keluarga di Inggris, merilis dua model world premier-nya di Geneva Motor Show (GIMS) 2018. Salah satunya adalah Plus 8.
Morgan Plus 8 edisi khusus HUT ke-50. /morgan
Morgan Plus 8 edisi khusus HUT ke-50. /morgan

Bisnis.com, JAKARTA - Morgan Motor Company, perusahaan mobil milik keluarga di Inggris, merilis dua model world premier-nya di Geneva Motor Show (GIMS) 2018. Salah satunya adalah Plus 8.

Morgan Plus 8 dibuat secara khusus dalam rangka memperingati ulang tahun perusahaan ke-50, dan karena itu akan diproduksi secara terbatas sebanyak 50 unit saja.

Seperti ditampilkan gims.swiss, mobil yang dipamerkan di ajang GIMS di Palexpo, 8-18 Maret 2018, ini tampil dengan lapisan cat pernis biru.

Penampilannya mengingatkan pada model produksi pertama Plus 8 coachbuilder Inggris (dikenal dengan MMC11), dengan petunjuk aksen kuning yang dilukis dengan tangan di sekitar grill depan ikon mobil, di sepanjang bonnet dan di atas belakang penarik mata.

Di bagian bawah kap, Morgan Plus 8 menggendong mesin BMW V8 berkapasitas 4,8 liter yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4,5 detik serta memiliki kecepatan tertinggi 250 km/jam. Morgan Plus 8 edisi khusus ini akan menjadi model terakhir yang menggendong mesin BMW yang terkenal itu.

Terlahir di arena pacuan kuda, Morgan Plus 8 adalah kombinasi khusus antara keahlian, kemewahan dan teknologi. Morgan Plus 8 yang menggunakan chassis aluminium ringan dan mesin BMW V8 itu memiliki bobot hanya 1.100kg, dan menjadi salah satu mobil penumpang V8 teringan di dunia.

Pertama kali dikemukakan oleh Peter Morgan, prototipe Plus 8 diumumkan ke publik di Earls Court Motor Show pada 1968. Sekitar 6.000 unit Plus 8 diproduksi di pabrik Morgan di Pickersleigh Road, Inggris.

Produksi Morgan Plus 8 sempat dihentikan pada 2004 lantaran produksi mesin Rover V8 berhenti. Pada 2012, Plus 8 terlahir kembali ke jajaran Morgan, dengan sasis aluminium ringan dengan mesin BMW 4,8 liter yang kuat, seperti yang digunakan pada kisaran Morgan Aero.

Dengan tubuh yang dibenahi kembali, Plus 8 yang baru secara proporsional lebih besar dan jauh lebih cepat daripada Morgan 'klasik' sebelum itu. Plus 8 Edisi Khusus 50th Anniversary akan menjadi mobil sport terakhir Morgan yang menampilkan mesin V8.

Steve Morris, Managing Director Morgan Motor Company, mengatakan, "Edisi HUT ke-50 ini adalah ilustrasi yang pas dengan kecantikan dan kemahiran Plus 8, ditambah dengan kegembiraan dan kemampuan yang sangat baik."

Jon Wells, Kepala Desain Morgan Motor Company, mengatakan, "Dengan mantap sebagai kendaraan mahkota Morgan selama 50 tahun, Morgan Plus 8 terus merintis teknologi baru di dalam garis keturunan Morgan klasik."

Plus 8 50th

Spesifikasi Teknis Morgan Plus 8

- Tipe Kendaraan: Convertible
- Bahan Bakar: Bensin
- Silinder: 8
- Volume langkah (cm3): 4800
- Mode penggerak: Penggerak roda belakang
- Jenis Transmisi: Man. & Otomatis (berurutan)
- Jumlah roda gigi: 6
- Emisi CO2 (g / km): 282
- Horsepower DIN: 367

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper