Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

VTA Telah Disempurnakan, Indonesia Tunggu Jawaban Vietnam

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyatakan telah mengirimkan surat kepada pihak Vietnam terkait dengan sejumlah penyesuaian sertifikat uji tipe atau vehicle type approval Indonesia untuk memuluskan kembali ekspor mobil ke negeri jiran itu.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 12 Maret 2018  |  22:00 WIB
Toyota Innova siap diekspor dari Indonesia.  - TMMIN
Toyota Innova siap diekspor dari Indonesia. - TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyatakan telah mengirimkan surat kepada pihak Vietnam terkait dengan sejumlah penyesuaian sertifikat uji tipe atau vehicle type approval Indonesia untuk memuluskan kembali ekspor mobil ke negeri jiran itu.

Direktur Sarana Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Eddy Gunawan mengatakan, pihaknya telah menyurati pihak Vietnam pada 6 Maret 2018 terkait dengan penyesuaian pada uji tipe atau uji kelaikan kendaraan baru yang akan diekspor.

Sejauh ini, katanya, Indonesia dalam posisi menunggu balasan dari pihak Vietnam atas surat yang dikirimkan tersebut. Indonesia, katanya, pada intinya mengikuti aturan yang diterapkan pemerintah Vietnam terkait dengan sertifikat uji tipe tersebut.

Kendaraan yang dikirimkan ke Vietnam akan melalui banyak tahapan ketika sampai di Vietnam, seperti uji keselamatan dan emisi di Vietnam. “Aspek legalitas, dari sini sudah kami coba sesuaikan dengan regulasi di sana,” katanya.

Deputy Minister of Transport Vietnam Le Dinh Tho melalui keterangan resminya, Kamis (1/3), menyatakan bahwa Vietnam secara substantif menerima secara positif VTA Indonesia, namun masih diperlukan beberapa penambahan informasi yang disyaratkan oleh ketentuan negeri jiran itu.

Direktur Pengalaman Perdagangan Kementerian Perdagangan Pradnyawati mengatakan sejumlah penyesuaian yang diminta Vietnam dan telah dipenuhi Indonesia, antara lain standar emisi Euro 4, dan kendaraan posisi stir kiri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ekspor Mobil
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top