PASAR MOBIL 2017: LMPV Naik Tipis. Pendatang Baru Masuk, Tiga Penguasa Turun Penjualan

Pasar kendaraan kecil serbaguna (low multipurpose vehicle/LMPV) sepanjang tahun ini hingga November nyaris tak bergerak maju. Dua model baru masuk pasar, tiga penguasa pasar menderita penurunan penjualan.
Fatkhul Maskur | 31 Desember 2017 19:29 WIB
Suzuki Ertiga. - Automofile.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar kendaraan kecil serbaguna (low multipurpose vehicle/LMPV) sepanjang tahun ini hingga November nyaris tak bergerak maju. Dua model baru masuk pasar, tiga penguasa pasar menderita penurunan penjualan.

Pasar ini diramaikan cukup banyak pemain, di antaranya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Suzuki APV, Daihatsu Luxio, Nissan Evalia, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, Chevrolet Spin, hingga Mazda VX-1.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil baru di segmen LMPV sepanjang tahun ini hingga November tercatat 232.803 unit atau naik sangat tipis 1% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 230.645 unit.

Tiga penguasa pasar terbesar, yakni Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Honda Mobilio menderita penurunan penjualan cukup signifikan sehingga pangsa pasar masing-masing model itu pun menyusut.

Toyota Avanza tercatat meraup angka penjualan 109.529 unit atau turun 3,02% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 112.936 unit. Dominasi Toyota Avanza pun susut dari periode yang sama tahun lalu 49% menjadi hanya 47%.

Produk kembarannya Daihatsu Xenia mengalami hal serupa. Sepanjang 11 bulan pertama tahun ini, Xenia hanya meraup penjualan 35.501 unit atau anjlok 14,10% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 41.326 unit. Pangsa pasar Daihatsu Xenia yang tahun lalu mencapai 18%, kali ini susut menjadi hanya 15%.

Adapun Honda Mobilio meraup penjualan 33.366 unit atau turun 10,94% dibandingkan dengan angka penjualan pada periode yang sama tahun lalu 37.466 unit. Penurunan penjualan ini mengakibatkan penguasaan Honda Mobilio di segmen pasar LMPV merosot menjadi hanya 14%. Pada periode tahun lalu pangsa pasar Honda Mobilio mencapai 16%.

Pemain lain yang bernasib menderita penurunan penjualan adalah Suzuki APV, Daihatsu Luxio, dan Nissan Evalia.

Nasib bagus diraih oleh Suzuki Eriga yang berhasil meraih kenaikan penjualan signifikan 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 28.721 unit menjadi 32.974 unit.

Selaras dengan hal tersebut, penguasaan pasar mobil produksi Suzuki ini pun membesar dari 12% menjadi 14%. Suzuki Ertiga menempel dengan Daihatsu Xenia di posisi ketiga penjualan terbanyak.

Pendatang baru, terutama Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero, sukses mendulang penjualan.

Mitsubishi yang mulai mendistribusikan Xpander pada September tahun ini berhasil menjual 8.329 unit atau memangsa 4% pasar LMPV.

Adapun Wuling yang mulai mendistribusikan Confero pada Juli 2017 berhasil mencatatkan angka penjualan model ini 3.918 unit sekaligus menguasai 2% pasar LMPV.

Model baru lainnya yang berhasil meraih angka penjualan adalah Chevrolet Spin dan Mazda VX-1 dengan angka penjualan 21 unit.

Tag : suzuki ertiga, low mpv, Pasar Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top