PASAR MOBIL 2017: City Car Bertumbuh, Suzuki Ignis Rebut Pangsa Pasar Lawan

Pasar mobil perkotaan (city car) pada tahun ini hingga November melaju. Pendatang baru sukses merebut pasar, pemain lama kehilangan pangsa.
Fatkhul Maskur | 31 Desember 2017 16:17 WIB
Stan Suzuki pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Tangerang Banten, Jumat (11/8). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar mobil perkotaan (city car) pada tahun ini hingga November melaju. Pendatang baru sukses merebut pasar, pemain lama kehilangan pangsa.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil perkotaan sepanjang 11 bulan pertama tahun ini tercatat sebanyak 218.358 unit, melaju 3% dibandingkan dengan capaian tahun lalu 212.318 unit.

Pasar city car terbilang ramai pemain. Setidaknya lebih dari selusin model bersaing di segmen pasar ini, di antaranya Suzuki Ignis, Honda Brio, Nissan March, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Toyota Etios, Hyundai i10, KIA Picanto, Suzuki Celerio, hingga Suzuki Splash.

Tahun ini, pasar city car dikagetkan oleh Suzuki Ignis yang terbilang fenomenal. Model yang mulai didistribusi pada bulan ketiga 2017 ternyata langsung menggebrak pasar dengan angka penjualan yang fantastis.

Bahkan, Suzuki Ignis langsung merangsek ke posisi terdepan sekaligus menggeser dominasi Honda Brio sebagai pemimpin pasar city car. Hingga bulan kesebelas tahun ini, Ignis berhasil meraup angka penjualan 11.885 unit dan menguasai 41% pasar city car.

Dominasi Suzuki Ignis di pasar ini sekaligus membuat pangsa pasar pesaingnya mengecil. Honda Brio, misalnya, meski berhasil menaikkan angka penjualan tetapi penguasaan pasarnya di segmen ini turun dari sebelumnya 43% menjadi hanya 35%.

Honda Brio juga dipaksa berpuas di posisi kedua city car terlaris dengan angka penjualan 9.998 unit. Pada periode yang sama tahun lalu, Honda Brio terjual 9.205 unit.

Nissan March agak sedikit beruntung. Meski dari sisi penguasaan pasar menyusut, Nissan tercatat berhasil meraih kenaikan penjualan dan naik dua peringkat city car terlaris ke posisi ketiga.

Sepanjang 11 bulan pertama tahun ini Nissan March mencatat penjualan 2.272 unit, naik 15% dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun lalu 9.205 unit.

Model lainnya, seperti Toyota Etios, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, dan Kia Picanto terbilang kurang beruntung. Model ini turun peringkat dalam daftar city car terlaris, akibat penurunan penjualan yang signifikan, termasuk dalam penguasaan pasarnya.

Hyundai i10 sedikit diuntungkan oleh penurunan penjualan pesaingnya Kia Picanto. Model city car Hyundai ini justru naik satu peringkat ke posisi tujuh meski penjualan maupun penguasaan pasarnya turun.

Tag : Pasar Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top