Gordon Murray Design: Karya Baru Sang Desainer Leganda F1

Gordon Murray adalah legenda hidup di dunia otomotif. Pria kelahiran Durban, Afrika Selatan itu adalah pencetus dari desain-desain mobil balap Formula 1 dan perancang dari McLaren F1 original pada 1991.
Wike Dita Herlinda | 20 November 2017 11:55 WIB
Sistem Superlight tersebut menggunakan bahan baku aluminium berkekuatan tinggi - Gordon Murray

Bisnis.com, JAKARTA -- Gordon Murray adalah legenda hidup di dunia otomotif. Pria kelahiran Durban, Afrika Selatan, itu adalah pencetus dari desain-desain mobil balap Formula 1 dan perancang dari McLaren F1 original pada 1991.

Maka, tidaklah mengherankan jika para penggemar otomotif dibuat heboh saat desainer legendaris berusia 71 tahun itu mengumumkan karya terbarunya, yang akan menjadi model unggulan pertama di bawah perusahaan otomotif IGM bentukannya.

Murray membocorkan sedikit detail tentang karya teranyarnya tersebut tepat sebulan setelah Gordon Murray Automotive (anak perusahaan Gordon Murray Design) mengumumkan rencana untuk fokus pada produksi terbatas mobil-mobil berdesain inovatif.

Tidak banyak detail yang diungkap Murray tentang karya terbarunya yang diluncurkan di Dunsfold Park, Inggris, awal November tersebut. Namun, dia menegaskan bahwa mobil tersebut akan menjadi sebuah ‘karya seni’yang lahir dari perusahaan barunya.

Mobil berdesain sportif dengan palet hitam tersebut bakal dilengkapi dengan teknologi iStream, sebuah sistem produksi yang mengintegrasikan kekuatan, bahan baku yang ringan, desain kasis berbiaya rendah dengan kemudahan proses produksi.

Fokus dari desain mobil Gordon Murray ini adalah reduksi berat, aerodinamika, dan kenyamanan berkendara yang terinspirasi dari kendaraan McLaren F1. Murray mengatakan filosofi yang dia gunakan adalah melawan tren kekinian guna menciptakan sebuah kendaraan yang lebih kompleks dan berkualitas.

Meskipun belum banyak detail yang diungkapkan soal eksterior dan interior dari mobil tersebut, Murray mengatakan karya terbarunya kali ini memiliki arsitektur yang terinspirasi dari versi baru iStream, yaitu Superlight.

Sistem Superlight tersebut menggunakan bahan baku aluminium berkekuatan tinggi tetapi berbobot lebih ringan untuk bodi kendaraan, sebagai pengganti material baja yang digunakan pada versi iStream Carbon.

Dengan mengurangi berat material yang digunakan, diharapkan mobil tersebut dapat memiliki struktur yang setara dengan separuh berat logam cetak tetapi tetap kokoh, tahan banting, dan fleksibel untuk dikendarai.

Mobil yang belum memiliki nama resmi tersebut juga digadang-gadang sebagai kendaraan body-in-white pabrikan yang paling ringan dan memiliki proses paling efisien saat ini maupun di masa depan.

Mobil yang telah diantisipasi oleh para penggemar F1 di seluruh dunia itu diproduksi untuk memperingati 50 tahun desain original Gordon Murray dan akan menjadi bagian dari eksibisi One Formula yang memamerkan 40 karya desain Murray untuk McLaren F1.

Pameran tersebut diadakan di Dunsfold Park dalam rangka perayaan 10 tahun perusahaan Gordon Murray Design dan iStream, sekaligus perayaan 25 tahun sejak mobil McLaren F1 pertama kali diproduksi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Desain Mobil, Mobil Konsep

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top