Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TREN MOBIL LISTRIK: 4 Faktor Membuat Norwegia Juara Kendaraan Listrik

Norwegia tercatat sebagai negara dengan angka penjualan terbanyak mobil listrik di Eropa, serta terbesar dalam pangsa pasar di antara negara-negara. Tahun ini, pasar di Negeri Nordik ini juga masih bertumbuh kuat.
Pengisian listrik. /Vattenfall.com
Pengisian listrik. /Vattenfall.com

Bisnis.com,OSLO – Norwegia tercatat sebagai negara dengan angka penjualan terbanyak mobil listrik di Eropa, serta terbesar dalam pangsa pasar di antara negara-negara. Tahun ini, pasar di Negeri Nordik ini juga masih bertumbuh kuat.

Padahal, Norwegia adalah negara ini sangat luas secara geografis, dan tersebar. Norwegia juga negara yang sangat dingin. Jadi, dalam hal ini, mengejutkan bahwa Norwegia adalah pemimpin terdepan di pasar mobil listrik.

Seperti analisis yang dikutip cleantechnica.com, ada sejumlah faktor penting yang saling terkait yang mendorong warga masyarakat di Norwegia memilih untuk membeli kendaraan listrik. Sedikitnya ada empat faktor terpenting.

TREN MOBIL LISTRIK: 4 Faktor Membuat Norwegia Juara Kendaraan Listrik

1. Peduli Mobil Listrik

Norway teleh bekerja untuk meningkatkan kepedulian terhadap mobil listrik sejak 30 tahun lalu, dan hasilnya sangat jelas. Pada umumnya, warga Norwegia di jalan mengerti apa itu kendaraan listrik, dan mengerti model seperti apa yang tersedia di pasar. Ini berbeda dengan rata-rata warga di Amerika Serikat.

Warga di Norwegia juga tahu tentang benfid mobil listrik. Mereka mengetahui tentang insentif mobil listrik. Mereka tahu di mana mereka bisa mengisi daya. Dan lain sebagainya. Dengan demikian, rekomendasinya adalah bahwa untuk meningkatkan penggunaan mobil listrik, temukan terlebih dulu cara untuk meningkatkan kepedulian terhadap mobil listrik!

2. Insentif Negatif.

Insentif negatif, seperti pajak pada kendaraan bertenaga bensin, diesel, atau gas alam cukup signifikan di Norwegia, lebih mungkin daripada negara lain. Insentif negatif semacam ini mendorong orang menjauh dari pilihan kendaraan kotor dan mendorong kendaraan listrik mereka jauh lebih cepat.

3. Insentif bagi Mobil Listrik.

Norwegia memiliki beberapa insentif yang sangat membantu kendaraan listrik. Ini sebenarnya bukan potongan harga atau kredit pajak untuk mobil listrik (insentif utama yang digunakan oleh AS, Inggris, Prancis, Spanyol, dan beberapa negara lainnya). Namun, mobil listrik dikecualikan dari pajak PPN dan pajak penjualan Norwegia yang lumayan besar.

Selanjutnya, berdasarkan survei driver mobil listrik, yang tampaknya merupakan insentif terbesar untuk pengendara mobil listrik Norwegia adalah akses gratis ke jalan tol dan akses ke jalur bus. Di luar insentif yang kuat ini, ada juga parkir gratis (berperingkat cukup tinggi), pengisian daya secara gratis, dan insentif feri gratis; dan biaya jalan tahunan rendah (peringkat cukup tinggi pentingnya).

Namun, salah satu poin utamanya adalah bahwa insentif semacam itu tersedia di banyak tempat lain, jadi ini tidak menjelaskan mengapa Norwegia jauh di depan negara lain. (Meskipun demikian, bukan berarti insentif ini tidak membantu dan merupakan salah satu blok keberhasilan utama.

4. Infrastruktur Pengisian Daya Memadai.

Sekali lagi, ini adalah sesuatu yang ada di tempat lain, namun Norwegia pastinya salah satu yang terdepan soal infrastruktur pengisian daya listrik. Jaringan pengisian daya yang cukup bagus. Stasiun pengisian daya listrik tersedia dengan area parkir yang luas dan menonjol di pusat kota Oslo. Sekali lagi, ini sebenarnya adalah salah satu cara juga memperkenalkan mobil listrik.

Sebagai catatan penting, ada beberapa asumsi penyebab pasar mobil listrik di Norwegia begitu besar, yakni akibat kejenuhan pasar; dan pendapatan per kapita yang tinggi.

Sebagian memang mengira elemen kejenuhan pasar adalah bagian dari cerita. Sementara pendapatan per kapita orang Norwegia memang tinggi tetapi warganya juga membayar pajak yang tinggi. Orang-orang Norwegia bukanlah orang-orang terkaya dan ada negara-negara lain dengan pendapatan per kapita yang tinggi.

Benar, ini bisa jadi salah satu dari banyak faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan mobil listrik di Norwegia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper