Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaguar Besut SUV Kompak Saingan BMW X1 dan Audi Q3

Ada banyak cara yang dilakukan perusahaan-perusahaan otomotif untuk menyita perhatian konsumen saat meluncurkan seri terbaru produk mereka. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Jaguar Cars saat melepas SUV teranyar mereka pada pertengahan Juli.
The All New Jaguar F-Pace/jaguar.co.uk
The All New Jaguar F-Pace/jaguar.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak cara yang dilakukan perusahaan-perusahaan otomotif untuk menyita perhatian konsumen saat meluncurkan seri terbaru produk mereka. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Jaguar Cars saat melepas SUV teranyar mereka pada pertengahan Juli.

Produsen mobil mewah yang berbasis di Whitley, Coventry, Inggris itu memecahkan rekor Guinness World Records saat melansir model E-Pace. Mobil ini diklaim sebagai compact SUV yang digadang-gadang bakal menjadi rival BMW X1 (F48) dan Audi Q3.

Jaguar menyibak penampakan perdana E-Pace dalam acara world premiere di London yang disertai atraksi memecahkan rekor dunia untuk lompatan SUV sejauh 15,3 meter dengan sudut kemiringan 270 derajat alias barrel roll.

Aksi yang menggunakan E-Pace berwarna merah matang tersebut dikemudikan oleh Terry Grant, yang merupakan aktor stuntdi banyak film ternama dan telah memecahkan 21 rekor Guinness sebelumnya.

“Atraksi ini bukan untuk dipraktikkan amatir, karena kami telah melakukan percobaan, simulasi, dan analisis untuk memastikan presisi dan kecepatan yang tepat. Saya mengalami G-Force 5,5 [keadaan menahan gravitasi] saat melakukan putaran 270 derajat itu. Dibutuhkan jarak 160 meter untuk mencapai kecepatan yang tepat,” jelasnya.

CEO Jaguar Ralph Speth menjelaskan lompatan berputar itu bukan sekadar atraksi akrobatik untuk pertunjukan semata. Namun, ditujukan untuk membuktikan agilitas, presisi, dan performa prima dari seri terbaru SUV Jaguar itu.

“Sebelumnya kami telah melakukan uji coba E-Pace selama 25 bulan di empat penjuru benua guna memastikan ketahanan ekstrem dari mobil ini agar memenuhi standar filosofi performa Jaguar,” paparnya dalam keterangan resmi yang dilansirJaguar Cars.

Dari segi desain, E-Pace dirancang sebagai SUV dengan lima kursi penumpang dengan desain compact dan performa layaknya mobil sport yang lapang, praktis, dan kemudia all-wheel-driver yang saling terkoneksi.

“Ciri khas Jaguar dalam hal kemudi yang dinamis dan desain yang elegan tetap menjadi DNA dalam seri E-Pace. Desainnya dibuat praktikal, lengkap dengan teknologi 4G, Wi-Fi, dan layar sentuh super lebar untuk membuat Anda tetap terhubung,” sambung Ralph.

Peluncuran E-Pace menambah daftar keluarga SUV Jaguar, yang mencakup I-Pace, mobil berkonsep serba elektrik pertamaJaguar, serta F-Pace, mobil pemenang World Car of the Year 2017 dan juga pemecah rekor Guinness pada 2015.

Desain eksterior E-Pace sebenarnya terinspirasi dari mobil sport Jaguar F-Type yang memiliki desain grille depan khas Jaguar, proporsi bodi yang maskulin, overhangs yang pendek, dan penopang yang kokoh.

Suntikan DNA mobil sport ke dalam desain E-Pace juga terlihat dari bagian garis atapnya yang dapat dibuka dengan cepat serta rancangan grafis jendela sampingnya yang sangat ringkas dan rapi.

“Standar desain Jaguar yang tinggi memastikan agar E-Pace langsung dikenal sebagai mobil sport berkelas. SUV terbaru kami ini mengombinasikan interior yang lapang, konektivitas, dan [sistem] keamanan yang sesuai untuk penggunaan keluarga,” imbuh Direktur Desain Jaguar Ian Callum.

Secara keseluruhan, E-Pace diharapkan mampu melanjutkan citra Jaguar sebagai mobil dengan desain terfavorit selama lebih dari 80 tahun terakhir dibuktikan dari prestasi yang diraih oleh seri-seri XE, XF, dan XJ serta F-Type dan F-Pace yang memecahkan rekor penjualan tercepat.

Mobil yang dirancang untuk segala cuaca dan medan itu sudah mulai bisa dipesan pertengahan tahun ini dengan banderol harga senilai £28.500 di negara asalnya, Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper