Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok Jajaki Bus Mini Scania Gantikan Metromini

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja memperkenalkan bus scania Low Entry City Bus yang baru untuk merevitalisasi moda transportasi umum. Bus tersebut nantinya akan dioperasikan di bawah PT.Transjakarta.
Scania. /scania
Scania. /scania

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja memperkenalkan Scania low entry city bus asal swedia yang baru untuk merevitalisasi moda transportasi umum. Bus tersebut nantinya akan dioperasikan di bawah PT.Transjakarta.

Ahok menuturkan bus tersebutkan akan dioperasikan di jalur-jalur reguler non-busway di trayek strategis sama, seperti Metromini dan Kopaja. Pasalnya, Ahok berkeinginan untuk membuat Transjakarta dapat menguasai trayek-trayek di seluruh Jakarta dengan sistem rupiah per kilometer.

"Jadi nanti fungsinya enggak akan beda jauh dengan bus kota yang sekarang. Saya yakin Metro Mini, Kopaja akan 'selesai' kalau bus-bus ini masuk," kata Ahok di Balai Kota (11/3/2016).

Mantan Bupati Belitung Timur tersebut menuturkan apabila tidak ingin terancam, operator disarankan untuk pengadaan bus dengan model yang sama atau bekerjasama dengan Transjakarta. "Silakan ikut Transjakarta. Anda enggak perlu nunggu penumpag dan kejar setoran," ujarnya.

Scania low entry bus memiliki panjang sasis 6.000 milimeter dengan lebar 2.500 milimeter. Bahan bakar yang digunakan adalah gas. Emisi bahan bakar telah memenuhi standar Euro 3 yang ramah lingkungan. Mesin bus bertenaga 250 HP (Horse Power). Kapasitas bus adalah 64 penumpang dengan rincian 35 penumpang duduk dan 29 penumpang berdiri.

Keunggulan bus adalah fitur fast boarding dengan sistem electronic levelling control (ELC). Saat berhenti, ketinggian permukaan bus bisa disesuaikan hingga orang berkursi roda, orang tua, hingga anak-anak, bisa mudah menaiki bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper