Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kijang Innova Vs Jade RS: Pertarungan Seru di Kelas MPV Medium

Kendaraan jenis multi-purpose vehicle (MPV) sudah lazim dikenal sebagai salah satu pilihan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, selain jenis sport utility vehicle (SUV). Kendaraan jenis tersebut dinilai menyuguhkan kenyamanan untuk kebersamaan berkendara dengan keluarga.

Bisnis.com, JAKARTA - Kendaraan jenis multi-purpose vehicle (MPV) sudah lazim dikenal sebagai salah satu pilihan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, selain jenis  sport utility vehicle (SUV). Kendaraan jenis tersebut dinilai menyuguhkan kenyamanan untuk kebersamaan berkendara dengan keluarga.

Tidak heran segmen pencinta MPV masih menjadi bidikan sejumlah pabrikan yang menggarap pasar Tanah Air. Sebagaimana diakui oleh General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Wid yawati Soedigdo, pihaknya masih mengandalkan segmen MPV untuk menopang penjualan.

Pasar mobil segmen MPV, ujarnya, terbukti berhasil menyedot porsi terbesar dari pasar otomotif di Indonesia. Untuk segmen low MPV, pihaknya mengandalkan varian Avanza. Sementara itu, jagoan di segmen  medium MPV adalah Kijang Innova.

Kijang Innova yang disebutnya sebagai ‘sang legenda’ baru saja meluncurkan tiga varian teranyar yaitu tipe G, V dan Q. Mesin baru yang berkode GD dengan kapasitas 2.400 cc 4 silinder turbo diesel akan menggantikan mesin diesel lama yang berkode KD.

Dengan tenaga 149 PS di 3.400 rpm, mobil ini jauh melampaui pendahulunya yang ‘hanya’ memiliki tenaga sedikit di atas 100 PS. Sementara itu, torsinya 359 Nm (1.200 rpm – 2.600 rpm) untuk mode matik dan 342,2 Nm (1.200 rpm – 2.800 rpm) untuk mode manual.

Mesin bensin Innova seri baru tersebut masih berkode 1TR-FE. Namun kini, mesin tersebut dilengkapi dengan Dual VVT-I yang dapat menghasilkan tenaga 139 PS di 5.600 rpm dan torsi 183 Nm di 4.000 rpm. Seri ini dilengkapi dengan pilihan transmisi yang terdiri dari manual lima percepatan atau matik enam percepatan. Khusus untuk yang matik, ada mode manual yang merupakan pertama kalinya hadir di Toyota Innova.

Dalam hal keamanan, Toyota boleh dibilang sangat royal melengkapi fitur Innova tipe Q diesel. Di tipe ini, penumpang akan menemukan tujuh  airbags,  stability control, dan hill assist control yang tidak ada di Innova lain.

Untuk semua varian, sudah mendapatkan ABS+EBD sebagai standar, namun tipe V dan Q hanya dapat tiga airbags dan tidak ada immobilizer untuk Innova G. Mobil ini kian terkesan mewah dengan ambient lighting berwarna biru di plafon kabin, seperti yang terdapat pada duo Alphard dan Vellfire.

Tak hanya hadir sebagai mobil keluarga, Innova terbaru ini pun menyematkan beragam fitur kenyamanan untuk seluruh penumpang dari bangku depan hingga belakang.

Mobil yang dirancang mampu menampung hingga delapan penumpang ini dilengkapi dengan tiga cup holder dan storage yang memadai di doortrim  dan bagian depan tuas transmisi.

Penumpang Innova terbaru ini juga tak perlu lagi repot membawa kulkas kecil atau kotak pendingin minuman dan makanan. Tak seperti model-model sebelumnya, Innova kali ini difasilitasi dengan laci pendingin di atas  glovebox utama.

Pada jok penumpang baik bagian depan maupun belakang terdapat pengaturan untuk sliding dan reclining . Di sisi lain, ada juga meja lipat yang disediakan untuk penumpang yang duduk di kursi belakang Innova tipe V dan Q. Meja lipat ini mampu menahan beban hingga 10 kg. Meja tersebut juga sudah memiliki cup holder.

Harga All New Toyota Kijang Innova tiga varian ini ada pada rentang kisaran Rp280 juta hingga Rp424 juta.

ALL NEW JADE RS

Sementara itu, diam-diam Honda kian tergoda untuk menggarap lebih serius segmen pasar MPV medium, dengan meluncurkan All New Jade RS pada tahun depan. Varian baru yang diproduksi oleh PT Honda Prosect Motor (HPM) ini digadang-gadang bakal menjadi saingan All New Kijang Innova.

Meski belum ada kepastian kapan Jade RS akan dipasarkan di Indonesia, akan tetapi pihak HPM menyatakan tidak menutup kemungkinan model baru ini akan mengaspal di jalanan Tanah Air pada awal tahun depan.

Honda All New Jade RS dibekali mesin dengan mesin baru 1,5 liter direct injection VTEC Turbo generasi terbaru. Pabrikan mengklaim mesin bensin 1,5 liter direct injection  VTEC Turbo ini sungguh bertenaga dengan akselerasi mulus yang menghasilkan torsi setara mesin 2,4 liter pada rpm normal.

Jade RS tergolong memiliki efisiensi bahan bakar yang baik. Dengan satu liter bensin yang diminum, varian ini mampu menempuh jarak hingga 18 Km.

Paddle shifter  tujuh  speed mode  menjamin pengemudi dapat menikmati rasa berkendara dengan transmisi manual. Fitur unggulan dari All New Honda Jade RS sudah dilengkapi dengan teknologi modern, Honda Sensing. Sistem tersebut mampu mendeteksi keadaan sekitar, termasuk ketika ada pejalan kaki ataupun objek berbagai ukuran dalam radius 60 meter di depan.

Jade RS juga dilengkapi dengan sistem lane watch  yang berfungsi untuk menampilkan gambar kondisi sekitar secara langsung dari kamera yang terpasang di bagian bawah spion.

Honda Jade RS juga dilengkapi berbagai fitur keamanan seperti  Vehicle Stability Assist (VSA),  Hill-Start Assist, dan Emergency Stop Signal (ESS).

Di negeri asalnya, Honda All New Jade RS dijual 2,53 juta yen atau sekitar Rp281 jutaan. Jika benar mobil ini akan mengaspal di Indonesia pada tahun depan, tentu akan menjadi pesaing yang kuat dari All New Kijang Innova. Kita tunggu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper