Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diler Honda Riau Prediksi Penjualan Motor Anjlok 5%

Diler utama sepeda motor Honda wilayah Riau PT Capella Dinamik Nusantara memerkirakan penjualan motor di daerahnya sampai akhir 2015 akan turun 5% dibandingkan tahun lalu.
Sepeda motor Honda.
Sepeda motor Honda.

Bisnis.com, PEKANBARU -- Diler utama sepeda motor Honda wilayah Riau PT Capella Dinamik Nusantara memerkirakan penjualan motor di daerahnya sampai akhir 2015 akan turun 5% dibandingkan tahun lalu.

Regional Head PT CDN Wilayah Riau Sie Ceng mengatakan tahun ini adalah periode yang penuh tantangan dalam bisnis otomotif selama lima tahun terakhir.

"Lima tahun terakhir ini penjualan selalu tumbuh positif, dan Desember menjadi bulan yang cukup tinggi penjualannya. Tetapi sekarang situasinya berbeda," katanya Minggu (20/12/2015).

Beberapa perbedaan situasi yang cukup mencolok pada 2015 ini kata dia yaitu terjadinya bencana kabut asap di Riau sejak Agustus hingga awal November yang sangat merugikan masyarakat Riau.

Selain itu perlambatan ekonomi global mulai berdampak pada data beli masyarakat yang akhirnya mengurangi penjualan otomotif sepeda motor. Kondisi ini membuat penjualan motor Honda di Riau hingga pertengahan Desember hanya tercatat sekitar 126.000 unit untuk semua model.

"Kami perkirakan sampai akhir tahun ini, penjualan akan anjlok 5% sampai 6% dibandingkan 2014," katanya.

Sementara itu Sales Dept. Head PT CDN Wilayah Riau Suryadi mengatakan memang bencana kabut asap berdampak ganda pada pelemahan ekonomi dan daya beli masyarakat Riau.

"Kalau kami hitung secara total bencana kabut asap 2015 ini terjadi selama 5 bulan, selama itu pula kami terhambat melakukan promosi dan kegiatan luar ruangan yang akhirnya menurunkan penjualan," katanya.

Bencana kabut itu membuat cuaca menjadi buruk dan menyebabkan rusaknya beragam sektor perkebunan dan pertanian. Lalu kondisi ini membuat petani dan masyarakat yang mengandalkan komoditas itu mengalami penurunan daya beli.

Untuk mengantisipasi masalah itu pada 2016 mendatang pihaknya akan lebih banyak menggelar kegiatan dalam ruangan dan mengikutsertakan komunitas serta siswa usia sekolah. "Semoga tahun depan kondisi bisa membaik dan kami sudah menyiapkan beragam agenda sepanjang 2016 nanti," katanya.

Adapun beberapa kegiatan yang disiapkan pihaknya yaitu kegiatan ekstra kurikulum ke sekolah menengah atas, dan peluncuran motor terbaru pada semester I/2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper