LCGC Sulit Tembus Pasar Dunia

General Manager Marketing Strategy and Public Relations PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Budi Nur Mukmin menyatakan akan sulit memperluas ekspor LCGC. Pasalnya, setiap negara memiliki karakter pasar yang berbeda
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 02 Desember 2014  |  20:26 WIB
LCGC Sulit Tembus Pasar Dunia
Salah satu produk mobil murah. LCGC sulut tembus pasar internasional - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—General Manager Marketing Strategy and Public Relations PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Budi Nur Mukmin menyatakan akan sulit memperluas ekspor LCGC. Pasalnya, setiap negara memiliki karakter pasar yang berbeda.

Negara jiran seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura saja LCGC akan sulit masuk meski pada 2015 MEA diberlakukan. Thailand sudah memiliki eco car yaitu kendaraan sejenis LCGC. Malaysia dan Singapura memiliki standar yang lebih tinggi dalam hal kendaraan dari Indonesia.

“Untuk ekspor tentunya harus banyak yang dipertimbangkan terkait penyesuaian produk. LCGC bisa masuk pada negara yang secara Industri sama dengan Indonesia atau malah di bawah kita. Bisa diekspor ke pasar otomotif di negara yang masih di belakang kita seperti Filipina dan Vietnam,” ucap Budi kepada Bisnis, Senin (1/12/2014).

Menurutnya, produk LCGC Datsun ke depan memiliki kemungkinan untuk diekspor. Hal itu akan dilakukan studi terlebih dahulu untuk menyesuaikan standardisasi homologasi di masing-masing negara tujuan ekspor.

Di sisi lain, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan, pihaknya belum memiliki rencana mengekspor Brio Satya. HPM saat ini lebih berfokus pada memperkuat pasar LCGC dalam negeri yang dinilai akan terus bertumbuh.

“Kami belum memiliki rencana ekspor LCGC. Sementara ini kami masih fokus pada pasar dalam negeri,” ujar Jonfis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
otomotif

Editor : Ismail Fahmi
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top