Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitra Pinasthika Akan Tambah 7 Diler Nissan & Datsun

Perusahaan otomotif PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. menargetkan akan menambah tujuh diler Nissan dan Datsun hingga akhir tahun ini sebagai bagian dari rencana ekspansi anak usaha PT Mitra Pinasthika Auto senilai Rp600 miliar.

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan otomotif PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. menargetkan akan menambah tujuh diler Nissan dan Datsun hingga akhir tahun ini sebagai bagian dari rencana ekspansi anak usaha PT Mitra Pinasthika Auto senilai Rp600 miliar.

Agung C. Kusumo, Direktur Pengembangan Bisnis Mitra Pinasthika, mengatakan perseroan baru saja meresmikan diler pertama Nissan dan Datsun di Cilacap, Jawa Tengah, pada akhir pekan ini.

“Diler ini juga merupakan diler ke-103 yang melayani penjualan Nissan dan Datsun, serta juga merupakan diler ketiga yang dikelola oleh MPMAuto selaku mitra penjualan Nissan Motor Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (10/10).

Dia menjelaskan diler tersebut memiliki standar global dengan tiga layanan utama yaitu sales, service, dan sparepart (3S), serta telah menerapkan retail visual identity (RVI) sesuai dengan standar Nissan Jepang.

Presiden DIrektur PT Nissan Motor Indonesia Steve Ardianto mengatakan hingga akhir tahun fiskal 2014, perseroan akan menambah diler menjadi 115 outlet di seluruh Indonesia, atau meningkat 11% dibandingkan tahun lalu.

“Dengan line up terbaru kami Nissan All New X-Trail dan Datsun GO Panca yang diluncurkan beberapa waktu lalu, kami yakin dapat meningkatkan market share dan juga eksistensi brand kami di Indonesia,” tutur Steve.

Sementara itu, MPMAuto telah meresmikan dan mengoperasikan diler Nissan dan Datsun pertama di Tanjung Priok pada Maret 2014 dan diler kedua untuk penjualan mobil bekas di Pluit, Jakarta Utara.

Hingga akhir Agustus lalu, MPMAuto telah  berhasil menjual sebanyak 800 unit produk Nissan dan Datsun sejak diler pertama mulai beroperasi. Hingga akhir tahun ini, perseroan menargetkan akan menambah tujuh diler baru.

Selain memperluas jaringan diler, MPMAuto sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan kredit kendaraan bermotor dengan PT Bank Central Asia Tbk., sehingga melalui kerjasama ini, para nasabah bank tersebut akan dengan mudah membeli produk Nissan atau Datsun.

“Kami optimistis, dengan strategi yang tepat dan terukur, jaringan yang meluas, dan fokus kepada produktivitas, MPMX melalui anak usaha kami, MPMAuto, akan melanjutkan peningkatan penjualan mobil Nissan-Datsun,” ujar Agung.

Dari bisnis distribusi mobil ini, salah satu anak usaha Grup Saratoga tersebut optimistis dapat mencapai target penjualan hingga 4.000 unit mobil pada akhir tahun ini dan diperkirakan mencapai 20.000 unit pada 2015.

“Tahun depan kami akan tambah sekitar 10 diler lagi. Kami masih targetkan bisnis otomotif kami dapat tumbuh lebih baik dari industri,” katanya.

Optimisme emiten berkode saham MPMX itu dipicu membaiknya arus kas perseroan setelah menerbitkan obligasi valas senilai US$200 juta beberapa waktu lalu. Agung menjelaskan penerbitan senior notes itu akan mengurangi beban bunga mencapai 150 basis poin.

Surat utang itu digunakan untuk membayar kembali sejumlah utang yang jatuh tempo dalam beberapa tahun ke depan senilai Rp2,6 triliun. Alokasi pelunasan utang terbesar diberikan kepada MPM Rent mencapai Rp1,4 triliun.

“Dengan penerbitan surat utang itu, kami memiliki ruang lebih luas untuk melakukan ekspansi jika sewaktu-waktu membutuhkan dana melalui pinjaman bank,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maftuh Ihsan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper