Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Avanza Belum Turun dari Singgasana LMPV

Low multi purpose vehicle (LMPV) Toyota Avanza belum tergusur dari podium wahid kendati persaingan semakin mengimpit. Panasnya kompetisi di segmen mobil serbaguna kelas bawah dinilai sebagai momentum tepat untuk melempar varian baru ke pasar.

Bisnis.com, JAKARTA—Low multi purpose vehicle (LMPV) Toyota Avanza belum tergusur dari podium wahid kendati persaingan semakin mengimpit. Panasnya kompetisi di segmen mobil serbaguna kelas bawah dinilai sebagai momentum tepat untuk melempar varian baru ke pasar.

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek merilis Avanza Luxury pada awal Juni 2014. Varian termewah ini ditargetkan berkontribusi 20% - 25% terhadap penjualan kendaraan multifungsi kelas bawah besutan Toyota.

“Ada pesaing baru di segmen LMPV tapi dari segi functional kami tetap nomor satu. Karena konsumen butuh spesifikasi yang lebih mewah, maka kami hadirkan Luxury,” kata Direktur Pemasaran PT TAM Rahmat Samulo, Selasa (17/6/2014).

Toyota melego 74.704 unit Avanza dari pabrikan ke diler (wholesales) sepanjang Januari – Mei tahun ini. Penjualan bulan lalu hanya 12.251 unit, ini merupakan angka terkecil dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya terpengaruh banyaknya hari libur.

Persaingan segmen LMPV semakin ketat seiring kehadiran Honda Mobilio sejak Januari 2014. “Masuknya pesaing baru memberikan suasana persaingan positif. Avanza Luxury sudah menjawab kebutuhan masyarakat terhadap varian LMPV yang mereka harapkan,” ucap Rahmat.

Sejauh ini, TAM optimistis mampu mempertahankan pangsa pasar di segmen LMPV 45% - 50%. Penguasaan Avanza di pasar LMPV secara akumulatif sejak awal tahun sebesar 45,62%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper