Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar LMPV Mei Menciut, Honda Mobilio Gusur Daihatsu Xenia

Tren pasar mobil multifungsi kelas bawah (low multipurpose vehicle / LMPV) pada Mei 2014 sama seperti total pasar kendaraan bermotor roda empat.

Bisnis.com, JAKARTA—Tren pasar mobil multifungsi kelas bawah (low multipurpose vehicle / LMPV) pada Mei 2014 sama seperti total pasar kendaraan bermotor roda empat. Penjualan yang terkumpul susut dari bulan sebelumnya sekaligus menjadi yang terkecil dalam 5 bulan pertama tahun ini.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat LMPV laku 30.613 unit pada bulan kelima tahun ini. Jumlah itu turun 2,91% terhadap realisasi pengiriman dari pabrik ke diler (wholesales) di bulan keempat 31.532 unit.

Adapun 3 merek LMPV terlaris tetap dipegang Toyota Avanza, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga. Penguasaan pasar merek-merek ini sebesar 40,02% untuk Avanza, 31,63% untuk Mobilio, sedangkan Ertiga 14,22%.

Kehadiran Mobilio sekaligus mendepak Daihatsu Xenia dari poros tiga besar. Sampai dengan bulan lalu LMPV ini terjual 19.422 unit, khusus pada Mei laku 2.466 unit. Dengan kata lain, perolehan bulan lalu adalah yang terkecil dari bulan-bulan sebelumnya.

Pemain lain yang turut meramaikan pasar mobil serbaguna kelas bawah ialah Suzuki APV terjual 795 unit pada Mei, Daihatsu Luxio 172 unit, Nissan Evalia 351 unit, Chevrolet Spin 409 unit, dan Mazda VX-1 laku 131 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper