Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOBIL PREMIUM: Penjualan Tumbuh Lemah

Pengusaha otomotif memprediksi pasar kendaraan premium akan tumbuh melambat pada tahun ini karena sebagian besar konsumen dari kalangan pebisnis cenderung lebih berhati-hati melihat perkembangan ekonomi nasional terkait pelaksanaan pemilihan umum.
Sedang BMW Sport/JIBI
Sedang BMW Sport/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Pengusaha otomotif memprediksi pasar kendaraan premium akan tumbuh melambat pada tahun ini karena sebagian besar konsumen dari kalangan pebisnis cenderung lebih berhati-hati melihat perkembangan ekonomi nasional terkait pelaksanaan pemilihan umum.

Jodie O’tania, Corporate Communications Department BMW Group Indonesia, agen tunggal pemegang merek BMW, mengatakan perusahaannya mengantisipasi perkembangan pasar tersebut dengan menggiatkan promosi, brand awareness dan peningkatan layanan purna jual.

“Strategi pemasaran BMW dengan brand awareness melalui keterlibatannya dalam film The Raid 2 maupun beberapa film lain dari HollyWood yang ditayangkan di seluruh dunia termasuk Indonesia,” katanya seusai pemutaran perdana film The Raid 2 di Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Menurutnya, manajemen BMW menghadapi kondisi pasar domestik sebagai tantangan karena harus dihadapi dengan produk unggulan seperti  BMW 740L1, BMW 520d Modern dan BMW 3201 Sport yang terlibat dalam film buatan Holly Wood.

Sementara itu Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer PT Garansindo Inter Global, agen tunggal pemegang merek Chrysler, Jeep, Dodge dan Fiat, mengatakan berbagai rangkaian peristiwa yang terjadi di Indonesia tidak menutup kemungkinan berimbas terhadap bisnis otomotif.

“Kami sudah memprediksinya dan menyusun business plan sejak tahun lalu, dan sekarang tiggal bagaimana dalam mengikuti arahan business plan tersebut,” katanya.

Menurutnya, perkembangan kondisi pasar domestik tidak mengurungkan rencana pengusaha otomotif untuk meluncurkan beberapa produk teranyar karena sudah menjadi komitmen perusahaan atau proses life cycle dari produk yang ada.

Bahkan, lanjutnya, Fiat 500 Lounge dan Cabrio yang pertama kali diperkenalkan kepada publik pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2013 tersebut rencananya untuk seri Fiat 500 Sport akan diluncurkan akhir bulan ini.

“Beberapa produk akan kami luncurkan, karena memang itu proses life cycle dari produk tersebut, dan  juga ada beberapa yang kami tunda. Dan kalau tidak ada halangan, Fiat 500 Sport akan hadir akhir April 2014,” ujarnya.

Rieva mengatakan pihaknya optimistis dapat menjaga pertumbuhan penjualan di tengah situasi ekonomi nasional terimbas dampak dari situasi politik yang memanas terkait pelaksanaan pemilihan umum parlemen dan presiden.

Jodie mengungkapkan banyak pelaku pasar kendaraan premium menunggu petunjuk pelaksanaan penaikan pajak pertambahan nilai barang mewah PPnBM dari 75% menjadi 125% untuk menjadi dasar bagi penyesuaian harga baru kendaraan yang terkena kebijakan tersebut.

 “Kami menunggu petunjuk pelaksanaan dari penaikan PPnBM, walaupun tidak banyak produk BMW yang terkena kebijakan baru tersebut, antara lain BMW 3-Series dan 4-Series yang kapasitas mesinnya di atas 3.000 cc,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper