Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bosch Tingkatkan Produksi Komponen Otomotif

PT Robert Bosch, perusahaan global penyedia teknologi dan produk layanan, mengklaim dapat memasok kebutuhan komponen otomotif bagi industri kendaraan asal Jepang di Indonesia yang terus tumbuh secara pesat.
Pabrik Bosch Beksi yang mempekerjakan tenaga kerja lokal itu  mendapat jaminan kepastian pasokan bahan baku dari dalam negeri sehingga harga produknya menjadi lebih kompetitif. /bisnis.com
Pabrik Bosch Beksi yang mempekerjakan tenaga kerja lokal itu mendapat jaminan kepastian pasokan bahan baku dari dalam negeri sehingga harga produknya menjadi lebih kompetitif. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT Robert Bosch, perusahaan global penyedia teknologi dan produk layanan, mengklaim dapat memasok kebutuhan komponen otomotif bagi industri kendaraan asal Jepang di Indonesia yang terus tumbuh secara pesat.

Jill Tanamal, Assistant Manager Corporate Communication Robert Bosch, mengatakan peningkatan pasokan porduk komponen otomotif segera direalisasikan seiring dengan mulai dioperasikannya pabrik Bosch di Bekasi Jawa Barat pada kwartal kedua tahun ini.

“Industri otomotif asal Jepang sebagai mitra utama kami, baik di negara asal maupun di luar negeri seperti Indonesia, sehingga kami harus terus menyesuaikan diri dengan pesatnya perkembangan industri tersebut,” katanya menjawab Bisnis.com di Jakarta, Senin (24/3/2014).

Dia menjelaskan pesatnya pertumbuhan industri otomotif asal Jepang yang ada di Indonesia menjadi salah satu pertimbangan utama Bosch untuk membangun pabrik di Bekasi dengan total investasi sekitar Rp130 miliar.

Pabrik tersebut untuk tahap petama masih memproduksi dua komponen otomotif yang paling dibutuhkan industri otomotif nasional yaitu injector dan sensor oxygen, yang selama ini sudah dipenuhi oleh Bosch.

“Hampir semua pabrikan mobil Jepang yang ada di Indonesia membutuhkan injector dan sensor oxygen buatan Bosch, sehingga nantinya tidak menutup kemungkinan kami juga akan memproduksi komponen otomotif yang lain sesuai permintaan konsumen,” ujarnya.

Jill tidak bersedia menjelaskan mengenai realisasi penjualan dua komponen tersebut selama 2013 dan proyeksinya pada tahun ini, menyusul dioperasikannya pabrik Bosch Bekasi, termasuk jenis komponen apa lagi yang dibuat selain injector dan sensor oxygen. 

Rudy Karimun, Managing Director Robert Bosch, sebelumnya mengatakan lokasi pabrik Bosch di Bekasi yang relatif dekat dengan pusat produksi kendaraan bermotor dan jenis komponen yang dihasilkan itu sangat mendukung kelancaran industri otomotif.

“Pabrik di Bekasi akan dioperasikan dengan tahap awal memproduksi  injector dan sensor oxygen untuk mendukung industri otomotif nasional,” katanya.

Dia mengatakan sebelum ada pabrik Bosch Bekasi, pasokan komponen untuk memenuhi kebutuhan indistri otomotif nasional didatangkan dari Thailand, Vietnam, Malaysia dan jaringan global pabrik Bosch lainnya.

"Maka dengan pendirian fasilitas produksi di Indonesia menjadikan produk Bosch lebih kompetitif, dibandingkan dengan produk sama yang diimpor, dan sekaligus untuk memperkuat bisnisnya di Asia Tenggara," ujarnya.

Menurutnya, pabrik Bosch Beksi yang mempekerjakan tenaga kerja lokal itu  mendapat jaminan kepastian pasokan bahan baku dari dalam negeri sehingga harga produknya menjadi lebih kompetitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper