Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persaingan Diskon Pengaruhi Pangsa Pasar Low MPV

Semakin ketatnya persaingan diskon harga mobil yang diberikan oleh kalangan agen tunggal pemegang merek di segmen low MPV ditenggarai menjadi salah satu faktor pendorong bergesernya market share di tengah bermunculannya produk baru di kelas ini.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Semakin ketatnya persaingan diskon harga mobil yang diberikan oleh kalangan agen tunggal pemegang merek di segmen low MPV ditenggarai menjadi salah satu faktor pendorong bergesernya market share di tengah bermunculannya produk baru di kelas ini.

Diskon yang bervariasi dengan tawaran yang menggiurkan membuat konsumen semakin banyak pilihan sehingga pangsa pasar LMPV bergairah dan persebarannya berubah.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan menuturkan secara pangsa pasar, LMPV sudah mulai terbagi menyusul pasar segmen tersebut yang sudah dipenuhi oleh pemain baru.

Menurutnya, selain kehadiran beberapa produk baru seperti Honda Mobilio, Chevrolet Spin, dan beberapa produk lainnya yang menjadi faktor utama pangsa pasar terbagi, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh diskon yang diberikan beberapa ATPM terhadap produk itu.

"Jadi semakin besar diskon yang dikeluarkan oleh masing-masing ATPM akan sangat berpengaruh besar terhadap konsumen domestik yang selama ini lebih memilih segmen LMPV sebagai mobil yang digunakan," tuturnya, Minggu (9/3/2014).

Toyota Avanza sebagai pemain paling besar di segmen LMPV, ujar Johnny, masih tetap kokoh dalam penjualan per bulannya dari 15.000 unit hingga 16.000 unit meskipun secara pangsa pasar sedikit mengalami pelemahan akibat munculnya produk baru.

Johnny mengatakan, pasar Avanza secara volume memang masih tetap bertumbuh secara baik dengna tren positif tetapi secara market share sedikit mengalami pengurangan.

Namun, Johnny tetap yakin bahwa Avanza sebagai pemegang pangsa pasar terbesar di Indonesia masih tetap bertumbuh menyusul produk sejuta umat ini memiliki jaringan pemasaran dan layanan purna jual yang lengkap hampir di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper