Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja penjualan sedan tetap stabil hingga 2014

Pengusaha otomotif yakin kinerja penjualan mobil sedan tetap stabil dengan kisaran pertumbuhan kurang dari 10% hingga akhir tahun ini karena didukung kuatnya loyalitas konsumen terhadap jenis kendaraan yang pangsa pasarnya relatif kecil.

Bisnis.com, JAKARTA - Pengusaha otomotif yakin kinerja penjualan mobil sedan tetap stabil dengan kisaran pertumbuhan kurang dari 10% hingga akhir tahun ini karena didukung kuatnya loyalitas konsumen terhadap jenis kendaraan yang pangsa pasarnya relatif kecil.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima Bisnis menyebutkan penjualan sedan selama Januari-September 2013 mencapai 17.771 unit, meningkat tipis hanya 6,47% dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 16.691 unit.

Volume penjualan kendaraan sedan sebanyak 17.771 unit pada 2013 tersebut antara lain disumbang oleh penjualan selama Juni mencapai 2.061 unit, Juli 1.895 unit, Agustus 1.738 unit dan September sebanyak 2.070 unit.

Adapun pertumbuhan penjualan sebesar 6,47% pada Januari-September 2013 tersebut memperkuat realitas bahwa segmentasi pasar mobil sedan relatif kecil, sesuai dengan berfungsinya sebagai kendaraan formal untuk kegiatan perkantoran atau urusan bisnis.

Rahmat Samolo, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, agen tunggal pemegang merek Toyota, mengatakan para pengusaha otomotif meyakini kinerja penjualan mobil sedan relatif stabil sesuai dengan karakter pasarnya yang tidak terlalu besar.

“Kami mengikuti permintaan pasar mobil sedan yang kami perkirakan tetap stabil hingga akhir tahun ini. Dengan demikian, penjualan sedan tetap tumbuh, walaupun volumenya tidak terlalu besar,” katanya di Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Menurut data Gaikindo, Toyota Astra Motor membukukan penjualan sedan selama 9 bulan pertama 2013 sebanyak 6.000 unit, antara lain berasal dari penjualan pada Juni sebanyak 591 unit, Juli 653 unit, Agustus 824 unit dan September mencapai 1.164 unit.

Adapun penjualan kendaraan sedan line up Toyota pada periode Januari-September 2013 untuk New Vios terjual sebanyak 2.489 unit,  kemudian disusul New Corolla Altis 1.159 unit, New Camry 2.202 unit dan penjualan Toyota 86 mencapai 150 unit.   

Rahmat mengatakan pihaknya melakukan berbagai kegiatan promosi dan upaya peningkatan kualitas layanan purna jual guna memperluas jaringan pemasaran dan menjamin kepuasan pelanggan agar semakin loyal terhadap produk sedan Toyota.

Sementara itu Daya Hansten, Chief Marketing and Promotion Honda Jakarta Center, mengatakan salah satu upaya pemasaran kendaraan sedan Honda New Accord, New Civic dan New City digelar berbagai kegiatan promosi dan edukasi.

“Kegiatan pameran dan sosialisasi Smart drive with G-Con diharapkan dapat mendongkrak penjualan seluruh varian Honda di Jabodetabek,” ujarnya. Dia tidak besedia menyebut proyeksi angka penjualan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangeran dan Bekasi. 

Daya menjelaskan, Honda Jakarta Center, sebagai diler utama PT Honda Prospect Motor di wilayah Jabodetabek, menggelar kegiatan promosi dan sosialisasi faktor keamanan dan keselamatan berkendara kepada konsumen guna mencegah terjadinya kecelakaan.

Menurut data Gaikindo penjualan sedan merek Honda selama Januari-September 2013 untuk New Accord mencapai 1.418 unit, meningkat 101% dari periode yang sama tahun lalu 704 unit, New Civic sebanyak 2.043 unit lebih tinggi 51% dari tahun lalu 1.352 unit.

Kemudian New Honda City terjual 2.531 unit selama 9 bulan terakhir 2013 meningkat 55% dari pencapaian periode yang sama tahun lalu sebanyak 1.631 unit dan selama tahun ini Honda CR-Z terjual 335 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : News Editor
Sumber : nurudin abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper