Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, IIMS 2013 Catat Penjualan 19.367 Mobil, Transaksi Hampir Rp5 Triliun

Bisnis.com, JAKARTA—Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 ternyata masih menjadi daya tarik kuat bagi pecinta dan konsumen otomotif di dalam negeri.

Bisnis.com, JAKARTA—Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 ternyata masih menjadi daya tarik kuat bagi pecinta dan konsumen otomotif di dalam negeri.

Buktinya, hingga penutupan tadi malam, Minggu (29/9/2013), pameran otomotif terbesar di Indonesia itu berhasil menyedot 373.661 pengunjung, lebih tinggi dari pencapaian IIMS tahun lalu 368.000 orang.

Tidak hanya itu, meskipun panitia menyatakan penjualan bukan target utama IIMS, sepanjang 10 hari penyelenggaraan pameran tersebut (19-29 September) penjualan tercatat 19.367 unit dengan transaksi senilai Rp4,9 triliun.

“Transaksi yang cukup signifikan pada pameran IIMS 2013 menunjukkan pada dunia bisnis bahwa daya beli masyarakat masih berada pada level positif dan sekaligus mengindikasikan bahwa industri otomotif nasional tetap berkembang dan menjanjikan,” kata Ketua Panitia IIMS 2013 Johnny Darmawan dalam siaran pers, Senin (30/9/2013).

Dia mengatakan pencapaian itu sekaligus mengindikasikan bahwa IIMS berhasil mengukuhkan diri sebagai ajang yang paling diperhitungkan oleh kalangan otomotif Tanah Air.

“Peningkatan jumlah pengunjung dari tahun ke tahun memperlihatkan semakin tingginya minat masyarakat terhadap produk otomotif berkualitas. Jumlah transaksi juga mengalami peningkatan, meskipun seperti telah saya ungkapkan berulang kali, bahwa transaksi bukanlah target utama penyelenggaraan pameran otomotif ini,” ujarnya.

Johnny menyatakan tahun depan panitia akan berusaha memberikan yang program dan lahan yang lebih baik untuk memberikan keleluasaan bagi ATPM untuk berkreasi dalam menunjukkan teknologi, produk, dan inovasi mereka di IIMS 2014.

“IIMS tahun ini luar biasa membanggakan, tetapi kami bertekad bisa menyelenggarakan lebih baik lagi tahun depan dan tetap menjadi yang terbesar,” tutur Johnny.

Jumlah partisipan pameran pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara ini terus meningkat, jika pada IIMS 2009 hanya diikuti oleh 21 brand kendaraan roda empat, tahun ini IIMS mencatatkan total peserta 38 brand ATPM yang  terdiri atas 29 merek kendaraan penumpang dan 9 merek kendaraan niaga.

Industri pendukung juga memberikan dukungan yang sama, pada IIMS kali ini 276 perusahaan dari industri pendukung ikut serta meningkat mencatatkan kenaikan yang sangat signifikan dari penyelenggaraan IIMS 2009 yang diikuti oleh 129 perusahaan dari industri pendukung.

Semakin tingginya permintaan luas area pameran yang digunakan oleh para ATPM serta industri pendukungnya di ajang IIMS mendorong perluasan area IIMS dari tahun ke tahun.

Pada awal penyelenggaraan IIMS di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, yang memiliki total luas 100.000 m2, pameran IIMS 2009 menggunakan lahan 40.410 m2. Tahun berikutnya 2010 menjadi 57.830 m2.

Pada 2011, IIMS kembali meningkatkan luas lahannya menjadi 63.654 m2, tahun lalu, IIMS 2012 menggunakan 70.550 m² dan puncaknya pada tahun ini total area yang digunakan lebih dari 75.000 m².

Pada malam terakhir IIMS 2013, panitia juga mengumumkan pengunjung yang beruntung membawa pulang grandprizes. Agus Widodo warga Kembangan, Jakarta Barat, dan Trias Perwira pengunjung asal Tebet, Jakarta Selatan, masing masing berhasil memenangkan 1 unit Toyota Etios Valco dan 1 unit Avanza Veloz.

Adapun 1 unit Ford Fiesta dimenangkan oleh Muhammad Rezi pengunjung asal Duren Sawit, Jakarta Timur. Data lebih lanjut tentang pemenang di IIMS 2013 dapat dilihat di www.indonesianmotorshow.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper