Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ford Kembangkan Pikap F-150 Berbahan Bakar CNG

Bisnis.com, JAKARTA—Meskipun mobil berbahan bakar gas tidak begitu populer dibandingkan dengan mobil listrik atau hybrid, Ford Motor tampaknya masih bersemangat menambah varian kendaraan berbahan bakar compressed natural gas (CNG).
- Bisnis.com 13 Agustus 2013  |  21:53 WIB
Ford Kembangkan Pikap F-150 Berbahan Bakar CNG

Bisnis.com, JAKARTA—Meskipun mobil berbahan bakar gas tidak begitu populer dibandingkan dengan mobil listrik atau hybrid, Ford Motor tampaknya masih bersemangat menambah varian kendaraan berbahan bakar compressed natural gas (CNG).

Kali ini, Ford memilih F-150 model 2014 untuk mengusung kemampuan itu, yang diklaim sebagai satu-satunya truk pikap setengah ton yang menggunakan bahan bakar ganda.

Pikap F-150, yang akan diluncurkan akhir tahun ini, akan menjadi kendaraan kedelapan Ford yang menggunakan CNG bagi konsumen yang memilih opsi gas-BBM pada mesin V6 berkapasitas 3,7 liter.

Opsi ini melengkapi pikap tersebut untuk melaju dengan bahan bakar bensin atau CNG melalui sistem bahan bakar terpisah, menggunakan perangkat termasuk hardened valve, valve seat, piston dan ring.

Meskipun biaya instalasi pabrik untuk mewujudkan opsi itu hanya US$315, pembeli ingin bisa langsung menggunakan CNG.

Namun, mereka harus punya tanki bahan bakar, pipa dan injektor yang dipasang oleh Ford Qualified Vehicle Modifier, sebuah proses yang diestimasi menelan biaya US$7.500—US$9.500, bergantung pada kapasitas tanki bahan bakar.

Di kalangan diler, kendaraan CNG tidak begitu menarik dibandingkan dengan opsi lain karena ekonomi bahan bakarnya tidak begitu berbeda dari kendaraan berbahan bakar minyak.

Sebagai contoh, total efisiensi bahan bakar Honda Civic Natural Gas hanya 31 mpg (7,6  liter/100 km), atau 1 mpg lebih rendah dibandingkan dengan versi 1,8 liter bensin (dengan transmisi otomatis).

Keunggulan kendaraan CNG yakni emisi. Menurut fueleconomy.gov, kendaraan CNG menghasilkan polutan asap 20%--45% lebih rendah. Biaya operasional kendaraan itu juga lebih murah dibandingkan dengan mesin bensin.

Siaran pers Ford menyebutkan biaya rata-rata CNG US$2,11 per galon setara bensin dan bisa mencapai US$1 per galon setara bensin di beberapa wilayah AS.

Pembelian CNG F-150 yang mencapai US$8.000 mungkin mendongkrak harga pikap itu, tetapi kemampuan bahan bakar ganda tersebut bisa memberikan banyak fleksibilitas dan penghematan uang dalam jangka panjang.

Pengemudi bisa mendapat keuntungan dari harga CNG yang lebih murah tetapi masih punya opsi untuk menggunakan BBM yang tersedia luas di seluruh SPBU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

truk pikap ford cng f-150 mesin bensin

Sumber : gizmag

Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top